Selasa, 25 September 2018

TINJAUAN SANITASI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PLIKEN DI WILAYAH DESA PLIKEN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018

Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Gustin Isniarti (Uthing56@gmail.com)
TINJAUAN SANITASI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PLIKEN DI WILAYAH DESA PLIKEN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018
xvii + 57 halaman : tabel, gambar, lampiran

Derajat kesehatan merupakan interaksi dari empat faktor, yakni lingkungan, pelayanan kesehatan, perilaku dan keturunan. Upaya Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan salah satu upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di sekolah. Sara sanitasi sekolah merupakan usaha preventif, yang didalamnya meliputi: penyediaan jamban, penyediaan air bersih, tempat pombuangan sampah, sarana pembuangan air limbah dan ruang kelas dan bangunan yang sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sanitasi Sekolah Dasar Negeri 1 Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun 2018.
Metode Penelitian ini yaitu Deskriptif dengan tujuan memperoleh gambaran tentang kondisi sanitasi. Subjek penelitian SD Negeri 1 Pliken. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sanitasi sekolah dasar negeri 1 Pliken kecamatan kembaran kabupaten banyumas tahun 2018 belum semua memenuhi persyaratan kesehatan.
Peningkatan kesehatan di sekolah untuk peningkatan upaya sanitasi yang ada, sehingga mengurangi faktor resiko yang berdampak lingkungan.

Daftar bacaan : 18 (1990 – 2013)
Kata kunci      : Sanitasi, Sekolah Dasar, Kesehatan Lingkungan
Klasifikasi      :   -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar