Selasa, 25 September 2018

DETEKSI FORMALIN PADA BAKSO DI WILAYAH SEKITAR PUSKESMAS KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program DIII Kesehetan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Sutinah(sutinahpkm@gmail.com)
DETEKSI FORMALIN PADA BAKSO DI WILAYAH SEKITAR PUSKESMAS KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP. 
XV + 59 halaman :gambar, tabel, lampiran.

Penyalahgunaan formalin dalam proses pengawetan makanan masih ditemukan dalam produk makanan. Petugas gabungan yang terdiri dari Dinas kesehatan,Peternakan,Perindustrian,Perdagangan dan Satpol PP Kabupaten Tegal menggelar sidak di sejumlah pasar Rabu 17 Juni 2017 jam 05,00 WIB yang hasilnya menemukan begbagai makanan yang mengandung Boraks,Rodhamin dan formalin salah satunya adalah bakso. Bakso yang mengandung formalin di temukan di pasar Trayeman dan pasar Banjaran. Petugas mencurigai bakso yang mengandung bahan berbahaya dan segera mengujisampel bakso sapi dan hasilnya positif mengandung formalin. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2012 tentang Bahan Tambahan Pangan menyatakan bahwa formalin bahan yang dilarang digunakan untuk makanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya kandungan formalin pada bakso di wilayah sekitar puskesmas kecamatan binangun kabupaten cilacap.
Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggambarkan ada tidaknya formalin pada bakso di wilayah sekitar puskesmas binangun. Pengumpulan data dilakukan dengan wancacara, mengamati,dan memeriksa sampel bakso di Laboratorium Kesehatan Kabupaten Banyumas.
Hasil Semua pedagang memiliki pengetahuan baik.Proses pembuatan bakso semua sama hanya perbedaan waktu yang di gunakan dalam tahap pembuatan. Pengawasan berupa pemeriksaan diharapkan setiap setahun sekali oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap.Ciri fisik bakso pada semua sampel aman tidak mengindikasikan adanya penggunaan formalin.Seluruh sampel bakso negatif formalin.
Semua sampel aman terhadap formalin .Saran agar masyarakat lebih berhati-hati dalam memilih makanan, tidak hanya melihat dari penampilan makanan yang menarik saja.Pedagang tidak menggunakan formalin pada bakso.Pemeriksaan dan penyuluhan rutin tentang bahan tambahan pangan yang aman serta bahan yang dilarang untuk tambahan makanan oleh Dinas Kesehatan. Daftar 

Bacaan         : 14 (1994 – 2017)
Kata Kunci  : Formalin ,Bakso
Klasifikasi   :

1 komentar: