Selasa, 25 September 2018

PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RSUD Dr. M. ASHARI KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2018

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Study Diploma III Kesehatan Lingkungan
KaryaTulis llmiah, Mei 2018

Abstrak
Supriyono
PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RSUD Dr. M. ASHARI KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2018
XIV + 62 halaman: tabel, lampiran

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang adalah rumah sakit tipe C milik Pemerintah Kabupaten Pemalang yang memberikan fasilitas pelayanan kesehatan rawat inap, rawat jalan, IGD, Bedah Sentral, ICU, Penunjang Medis (Radiologi, Laboratorium) kepada masyarakat pemalang dan sekitarnya. Dampak dari aktifitas pelayanan rumah sakit salah satunya adalah menghasilkan sampah medis, yang apabila tidak dikelola dengan tepat akan dapat menimbulkan pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan .
Tujuan Penelitian untuk mendeskrepsikan tata cara pengelolaan sampah medis di RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, pengumpulan data dengan cara observasi, pengukuran dan wawancara.
Hasil penelitian penimbulan sampah medis RSUD Dr. M. Ashari Pemalang berasal dari Ruang Rawat Inap, Poliklinik, Laboratorium, IBS, IGD, Radiologi, dan Farmasi. Pewadahan sampah medis masih ada sampah medis yang tercampur dengan sampah non medis. Tempat pengumpulan sampah sementara (TPS) berkapasitas 6 m³. Pengangkutan sampah medis dari TPS ke tempat pemusnahan dilakukan oleh pihak ke tiga dan sering mengalami keterlambatan.
Kesimpulan volume sampah medis yang dihasilkan rata-rata perhari 0.95 m³. Tempat sampah medis belum ada standarisai jenis wadah dan label sampah medis sesuai kategori. Tempat pengumpulan sampah sementara (TPS) volumenya terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung sampah medis yang dihasilkan. Pengangkutan sampah menuju tempat pemusnahan dilaksanakan oleh pihak ke tiga setiap satu minggu sekali. Pengelolaan sampah medis RSUD Dr. M. Ashari Pemalang dapat ditingkatkan dengan cara menyediakan sarana prasarana yang sesuai standar kementerian kesehatan dan memberikan pelatihan, sosialisasi, bimbingan teknis secara rutin tentang pengeloaan sampah medis kepada petugas pengelola, karyawan serta pengunjung rumah sakit.

Daftar bacaan : 19 (1992– 2014)
Kata kunci      : Sampah Medis Rumah Sakit
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar