Selasa, 25 September 2018

STUDI SISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH DI PONDOK PESANTREN AL KAHFI SOMALANGU KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN 2018

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, 18 Mei 2018

Abstrak
Desy Muktiati (desymukti5@gmail.com)
STUDI SISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH DI PONDOK PESANTREN AL KAHFI SOMALANGU KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN 2018
xvi + 86 halaman: table, gambar, lampiran

Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan agama Islam, dengan sistem asrama dimana menerima pendidikan agama melalui sistem pengajian atau madrasah. Sistem penyediaan air bersih di pondok pesantren merupakan bagian dari sanitasi pondok pesantren yang mempunyai peranan penting dalam pencegahan atau kejadian infeksi di pondok pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem penyediaan air bersih di Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu Kebumen.
Metode penelitian observasional, menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan crossectional. Subyek penelitian ini adalah penyediaan air bersih yang digunakan di Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu Kebumen. Data hasil penelitian disajikan dengan mendeskripsikan data dalam bentuk table, grafik, dan narasi.
Hasil penelitian menunjukan sumber air bersih Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu Kebumen diperoleh dari air tanah yaitu sumur gali. Air dari sumber dialirkan menggunakan pompa listrik dan didistribusikan menggunakan pipa PVC. Air tersebut tidak dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Kuantitas air bersih di Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu Kebumen yaitu sebanyak 126.597 liter/hari dengan kebutuhan air bersih sebanyak 101.240 liter/hari, sehingga kebutuhan air di Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu Kebumen terpenuhi. Kualitas air bersih yang diperiksa pada tiga sumur gali menunjukan bahwa air bersih tidak berbau, tidak berasa, warna rata-rata 35,8 TCU, suhu rata-rata 28o C, kekeruhan rata-rata 6,6 NTU, pH rata-rata 6,9, dan kadar besi rata-rata 0,4 mg/l. Kontinuitas air bersih tersedia terus menerus selama 24 jam. Aksesibilitas air bersih mudah didapat dan jarak relatif dekat kurang lebih 5 meter dari asrama.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kuantitas air bersih sudah mencukupi kebutuhan. Parameter bau, rasa, suhu, kekeruhan, pH, dan kadar besi sudah memenuhi syarat, sedangkan parameter warna, 2 sampel memenuhi syarat yaitu 6,80 TCU, 24,20 TCU, dan 1 sampel tidak memenuhi syarat yaitu 76,60 TCU. Air bersih tersedia secara kontinue. Tingkat aksesibilitas air bersih dengan kategori yaitu akses optimal. Saran bagi pondok pesantren agar melakukan pengolahan air untuk menghilangkan warna dan pasir.

Daftar Bacaan    : 25 (1983-2017)
Kata Kunci         : Penyediaan Air Bersih, Pondok Pesantren
Klasifikasi           : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar