Selasa, 25 September 2018

STUDI HYGIENE SANITASI DAN KANDUNGAN BAKTERI SalmonellaSp PADA MARTABAK TELUR DI DESA DUKUHWALUH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmih,    Juni, 2018

Abstrak
Anisa Khajat Wahyuni (anisakhajatw@gmail.com)
STUDI HYGIENE SANITASI DAN KANDUNGAN BAKTERI SalmonellaSp PADA MARTABAK TELUR DI DESA DUKUHWALUH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018
XVII+67 halaman: gambar, tablel, lampiran

Makanan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, makanan yang kita makan bukan saja harus memenuhi gizi dan mempunyai bentuk yang menarik tetapi harus aman dalam arti tidak mengandung mikroorganisme dan bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan penyakit. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan hygiene sanitasi dan kandungan bakteri salmonella sp pada martabak telur di Desa Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.
Metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi menggunakan checklist dan pemeriksaan martabak di laboratorium.
Hasil penelitian pada 4 pedagang martabak telur, penjamah, tempat pengolahan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan bahan makanan dikategorikan tidak memenuhi syarat. Sedangkan bahan makanan, peralatan pengolahan, pemilihan bahan makanan, penyajian makanan dikategorikan memenuhi syarat. Pada pemeriksaan laboratorium, dari 4 sampel martabak telur 1 sampel martabak telur positif mengandung Salmonella sp, 3 sampel negatif Salmonella sp.
Kesimpulan  hygiene sanitasi pada 4 pedagang martabak telur belum memenuhi syarat dan 1 dari 4 sampel martabak telur positif mengandung bakteri Salmonella sp. Saran untuk pedagang untuk menerapkan hygiene sanitasi yang belum memenuhi syarat dalam pengolahan makanan yang baik dan benar.

Daftar bacaan : 17 (1986-2018)
Kata kunci      : Hygiene, Sanitasi, Salmonella sp, Martabak Telur
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar