Selasa, 25 September 2018

PENGELOLAAN SAMPAH DI RT 01/03 DESA BUNIAYU KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018

Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018
Abstrak
Marin (marinoaljatijajary@gmail.com)
PENGELOLAAN SAMPAH DI RT 01/03 DESA BUNIAYU KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018
xv + 44 halaman : tabel, gambar, lampiran

Indonesia merupakan negara yang sedang giat melakukan pembangunan segala bidang. Salah satu dampak negatif adalah orientasi masyarakat terhadap kebutuhan yang berakibat bertambahnya sikap konsumtif yang juga meningkatkan jumlah sisa pemakaian yang tidak dimanfaatkan lagi dan menjadi sampah. Masyarakat Desa Buniayu RT 01/03 Kecamatan Tambak Kabupten Banyumas merupakan salah satu subyek yang potensial sebagai penghasil sampah. Beragam jenis sampah yang dihasilkan yang terdiri dari sampah basah, sampah kering, sampah abu, sampah bangkai binatang dan sampah jalanan. Masyarakatnya yang heterogen tetapi mengutamakan kepentingannya bersama sehingga penulis tertarik melihat adanya sampah–sampah yang sudah tidak berserakan. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan sampah di Desa Buniayu RT 01/03 Kecamatan Tambak Kabupten Banyumas sudah diatasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan sampah di Desa Buniayu RT 01/03 Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas Tahun 2018.
Metode penelitian deskriptif yaitu pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Pada penilitian ini dilakukan pengambilan sampel sebanyak 30 Rumah dari populasi rumah warga Buniayu RT 01/03 Kecamatan Tambak Kabupten Banyumas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Buniayu RT 01/03 Kecamatan Tambak Kabupten Banyumas mempunyai jumlah penduduk 192 jiwa yang menghasilkan sampah sebanyak 0,6832 x 2 grobak :1,3664 m3/hari. Saat ini penanganan sampah di RT tersebut sudah dilaksanakan secara optimal, dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dari tahap penimbulan sampah sampai tahap akhir, namun demikian masih diperlukan peningkatan upaya pengelolaan sampah di RT tersebut.
Saran yang diberikan adalah perlu dilakukan pembenahan perbaikan, dan peningkatan pengelolaan sampah dari pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang meliputi dari proses tahap penimbulan sampah sampai tahap akhir.

Daftar bacaan : 11 (1980 – 2003)
Kata kunci      : Pengelolaan sampah, RT 01/03 Buniayu-Tambak-Banyumas, Kesehatan Lingkungan
Klasifikasi      :    -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar