Kamis, 27 September 2018

STUDI OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN FASILITAS AIR BERSIH PADA PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI DESA KALIJARAN, KECAMATAN KARANGANYAR, KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2018

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Haris Setiawan (harisawan248@gmail.com)
STUDI OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN FASILITAS AIR BERSIH PADA PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI DESA KALIJARAN, KECAMATAN KARANGANYAR, KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2018
XV+59 halaman: tabel, gambar, lampiran.

Pemerintah Indonesia untuk mencapai 100% akses masyarakat terhadap air minum yang aman dan yang layak secara berkelanjutan. Air untuk keperluan higiene sanitasi tersebut digunakan untuk pemeliharaan kebersihan perorangan seperti mandi dan sikat gigi, serta untuk keperluan cuci bahan pangan, peralatan makan, dan pakaian. Selain itu, air untuk higiene sanitasi dapat digunakan untuk air baku air minum. Hasil observasi lapanagan pada bulan Desember 2017 didapatkan masalah sebagai berikut, pipa konsumen mengalami kebocoran, ada beberapa sambungan pipa yang tidak terpasang dengan baik, penanganan petugas yang kurang cepat, dan belum ada pemeriksaan kualitas air secara rutin. Tujuan penelitian : Mengevaluasi operasional dan pemeliharaan PAMSIMAS di Desa Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga.
Jenis penelitian : observasional dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan mendeskripsikan pengelolaan sarana penyediaan air bersih Pamsimas pada tahap operasi dan pemeliharaan. Hasil yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan pedoman pelaksanaan operasi dan pemeliharaan.
Hasil : observasi dan wawancara menunjukan sarana air bersih yang dibangun meliputi sumber air (sumur gali) sudah baik. Bak reservoir dan saluran perpipaan dikatakan tidak baik, karena ada komponen yang tidak terpenuhi. Untuk operasional sudah baik, dan untuk pemeliharaan tidak baik, karena ada komponen yang tidak terpenuhi.
Kesimpulan : Evaluasi yang dilakukan menggunakan quisioner penilaian operasional dan pemeliharaan pamsimas, didapatkan nilai 88,2 %. Nilai tersebut dikategorikan sangat baik. Saran untuk Dinas terkait (Dinas kesehatan Kabupaten Purbalingga dan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Purbalingga) melakukan pengawasan baik untuk kualitas air dan sarana air bersih.

Daftar Bacaan : 18 (1998 – 2018 )
Kata Kunci      : Studi Operasional dan Pemeliharaan Pamsimas
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar