Selasa, 25 September 2018

STUDI SARANA PEMBUANGAN TINJA PADA PENDERIT DIARE DI DESA TAMBAKSOGRA KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma D III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Rahmawati Amalia (rahmawatiamalia06@gmail.com)
STUDI SARANA PEMBUANGAN TINJA PADA PENDERIT DIARE DI DESA TAMBAKSOGRA KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018
XVII + 55 Halaman, tabel, gambar, diagram, lampiran

Faktor resiko penyakit diare yang sangat dominan adalah sarana air bersih dan pembuangan tinja. Kedua faktor ini akan berinteraksi bersama perilaku manusia, apabila faktor lingkungan yang tidak sehat karena tercemar bakteri / virus serta berakumulasi dengan perilaku manusia yang tidak sehat pula, maka akan meningkatkan kejadian penyakit diare. Tujuan penelitian: mengetahui sarana pembuangan tinja pada penderita diare di Desa Tambaksogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun 2018.
Jenis penelitian: deskriptif. Cara pengumpulan data dengan wawancara dan observasi menggunakan alat pengumpul data berupa cheklist. Subyek penelitian ini adalah sarana pembuangan tinja pada penderita diare di Desa Tambaksogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.
Hasil penelitian: menunjukkan bahwa jenis sarana pembuangan tinja pada penderita diare di Desa Tambaksogra yang memiliki sarana pembuangan tinja septik tank leher angsa sebanyak 14 rumah (50%), bukan septik tank leher angsa sebanyak 4 rumah (14 %), dan bukan septik tank bukan leher angsa sebanyak 10 rumah (36%).
Kesimpulan: bahwa kondisi sanitasi sarana pembuangan tinja pada penderita diare di Desa Tambaksogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas dari 28 rumah yang memenuhi syarat sebanyak 18. Penulis menyarankan kepada masyarakat bagi yang belum memiliki pembuangan tinja diharapkan segera membangun pembuangan tinja, puskesmas sebaiknya melakukan kegiatan Pemicuan di setiap desa.

Daftar Pustaka    : 15 (1991-2017)
Kata Kunci         : Diare, Sarana Pembuangan Tinja
Klasifikasi           : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar