Selasa, 25 September 2018

STUDI HYGIENE SANITASI DAN KUALITAS MIKROBIOLOGI (Salmonella sp) PADA DAGING SAPI DI PASAR WAGE KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Minati Indriani Nur Imaniah (indrianinurimaniah@gmail.com)
STUDI HYGIENE SANITASI DAN KUALITAS MIKROBIOLOGI (Salmonella sp) PADA DAGING SAPI DI PASAR WAGE KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018
XVI + 80 halaman: gambar, tabel, lampiran

Makanan dan minuman seringkali menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit. Makanan atau minuman yang tercemar akan menjadi media yang baik bagi pertumbuhan mikroorganisme (bakteri). Bakteri yang sering dijumpai pada makanan dan minuman tercemar salah satunya adalah Salmonella sp. Tujuan penelitian mengetahui hygiene sanitasi dan kualitas mikrobiologi (Salmonella sp) pada daging sapi di Pasar Wage Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Tahun 2018.
Metode penelitian deskriptif yang menggambarkan hygiene sanitasi dan kualitas mikrobiologi (Salmonella sp) pada daging sapi. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi menggunakan checklist dan pemeriksaan Salmonella sp pada daging sapi di laboratorium.
Hasil penelitian prinsip hygiene sanitasi pada 6 pedagang mulai dari bahan baku daging sapi untuk 4 sampel memenuhi syarat dan 2 sampel tidak memenuhi syarat, pemotongan daging sapi dikategorikan tidak memenuhi syarat, penyajian daging sapi dikategorikan tidak memenuhi syarat, personal hygiene dikategorikan tidak memenuhi syarat dan perilaku penjamah dikategorikan memenuhi syarat. Sedangkan sanitasi tempat penjualan dari peralatan dikategorikan memenuhi syarat dan tempat penjualan dikategorikan tidak memenuhi syarat. Berdasarkan pemeriksaan sampel dari 6 pedagang di laboratorium, 6 sampel daging sapi yaitu 2 sampel positif Salmonella sp dan 4 sampel negatif Salmonella sp.
Kesimpulan hygiene sanitasi daging sapi di 6 pedagang masih ada yang belum memenuhi syarat, sanitasi tempat penjualan daging sapi di 6 pedagang masih ada yang belum memenuhi syarat serta dalam 6 sampel daging sapi ada 2 sampel positif Salmonella sp dan 4 sampel lainnya negatif Salmonella sp. Saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya pedagang memperbaiki hygiene sanitasi daging sapi dan sanitasi tempat penjualan daging sapi yang baik dan benar.

Daftar bacaan  :  30 (1977 - 2018)
Kata kunci       :  Daging sapi, Salmonella sp, Kesehatan Lingkungan
Klasifikasi       :  -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar