Selasa, 25 September 2018

SANITASI KOLAM RENANG BANYU PRATAMA SAMPANG, KABUPATEN CILACAP TAHUN 2018”

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Aditya kiatmojo (Adityakiat7@gmail.com)
SANITASI KOLAM RENANG BANYU PRATAMA SAMPANG, KABUPATEN CILACAP TAHUN 2018
XV + 75 halaman : lampiran, tabel, gambar

Kolam Renang Banyu Pratama merupakan salah satu kolam renang di Cilacap, yang merupakan salah satu tempat-tempat umum yang perlu mendapatkan perhatian dan pengawasan sanitasi. Sanitasi kolam renang yang memenuhi syarat bertujuan memutus rantai penularan penyakit. Tujuan penelitian untuk mengetahui sanitasi di Kolam Renang Banyu Pratama yang meliputi sanitasi bagian luar, sanitasi bagian dalam dan mengukur sisa chlor di kolam renang.
Metode penelitian deskriptif yaitu menggambarkan tentang keadaan sanitasi, sanitasi bagian luar meliputi lokasi, lingkungan, tempat sampah, Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS), dan tempat parkir, sanitasi bagian dalam meliputi tata bangunan, konstruksi bangunan, persyaratan kesehatan kamar/ruang, persyaratan kesehatan fasilitas, pengelolaan sampah, dan kualitas air kolam renang di Kolam Renang Banyu Pratama Sampang, Kabupaten Cilacap, serta mengukur sisa chlor. Teknik penilaian sanitasi menggunakan Permenkes RI No. 061/Menkes/Per/I/1991. Sedangkan pengukuran air menggunakan Permenkes RI No. 32 tahun 2017, yang dikembangkan sesuai penelitian.
Hasil pengukuran dengan checklist kolam renang memenuhi persyaratan kesehatan. Sanitasi bagian luar Kolam Renang Banyu Pratama didapatkan hasil penilaian keseluruhan 92,59%, kategori baik. Sanitasi bagian dalam Kolam Renang Banyu Pratama didapatkan hasil penilaian keseluruhan 84,2%, kategori baik. Hasil pengukuran sisa chlor pada Kolam Renang Banyu Pratama pada pagi hari 2,5 mg/lt, siang 1,0 mg/lt, sore 0,4 mg/lt belum memenuhi syarat. Menurut PerMenkes RI no.32 Tahun 2017 sisa chlor bebas yang memenuhi syarat adalah antara 1-1,5 mg/lt.
Kesimpulan sanitasi secara keseluruhan sudah memenuhi persyaratan dan sisa chlor belum memenuhi persyaratan kesehatan. Peneliti menyarankan perlu di tingkatkannya pemantauan kebersihan di Kolam Renang Banyu Pratama, memasang tata tertib untuk pengunjung dan himbauan yang bersifat mengajak untuk menjaga kebersihan dipasang disetiap kegiatan pengunjung, peturasan, sarana pembuangan air limbah, di lakukan chlorinasi secara kontinyu

Daftar bacaan : 13 (1991-2018)
Kata Kunci     : Sanitasi, kolam renang
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar