Selasa, 25 September 2018

KADAR HIDROGEN PEROKSIDA (H2O2) PADA IKAN ASIN DI PASAR INDUK KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES TAHUN 2018

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Faramitha Fatima Azaria (faramithafatima@gmail.com)
KADAR HIDROGEN PEROKSIDA (H2O2) PADA IKAN ASIN DI PASAR INDUK KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES TAHUN 2018
XV + 61 halaman: gambar, tabel, lampiran

Ikan asin adalah bahan makanan yang terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan menambahkan banyak garam. Salah satu teknik pembuatan ikan asin yaitu dengan memanfaatkan terik sinar matahari. Teknik pembuatan ikan asin ini akan menghasilkan warna dan tampilan ikan asin yang berwarna agak gelap dan kurang menarik. Untuk mendapatkan tampilan fisik ikan yang bersih dan tampak putih, para pengolah ikan asin mengunakan cara instan untuk menghilangkan noda kotoran pada ikan asin. Salah satunya menggunakan zat kimia berupa Hidrogen Peroksida. Hidrogen Peroksida adalah zat kimia bersifat asam lemah yang merupakan oksidator atau agen pemutih yang kuat. Penggunaan Hidrogen Peroksida diperbolehkan dalam batas konsentrasi yang diizinkan. 
Tujuan penelitian  untuk mengetahui kadar Hidrogen Peroksida (H2O2) pada ikan asin, kualitas fisik ikan asin dan tingkat pengetahuan pedagang di Pasar Induk Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kadar Hidrogen Peroksida pada ikan asin yang dijual oleh pedagang di Pasar Induk Brebes. Cara pengumpulan data dengan pemeriksaan laboratorium, wawancara, dan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan 4 sampel ikan asin mengandung Hidrogen Peroksida. Sampel A dengan rerata kadar H2O2 3 %, sampel B dengan rerata kadar 4,75 %, sampel C dengan rerata kadar 1,46 % dan sampel D dengan rerata kadar 5,05 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 4 sampel ikan asin mengandung Hidrogen Peroksida. Penggunaan Hidrogen Peroksida dalam konsentrasi yang melebihi batas yang diizinkan akan menimbulkan gangguan kesehatan. Saran bagi masyarakat untuk lebih selektif dalam memilih ikan asin dan dapat mengetahui ciri fisik ikan asin yang mengindikasikan penggunaan Hidrogen Peroksida. Bagi dinas kesehatan sebaiknya melakukan pengawasan terhadap pedagang maupun produsen ikan asin dan melakukan penyuluhan tentang bahan tambahan pangan berupa Hidrogen Peroksida yang dibatasi penggunaannya serta memberikan pengetahuan tentang bahaya yang ditimbulkan.

Daftar bacaan   : 21 (1989 – 2017)
Kata kunci        : Hidroge
Klasifikasi        :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar