Selasa, 25 September 2018

STUDI SANITASI RUMAH PENDERITA ISPA BALITA DI DESA GANDATAPA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS II SUMBANG TAHUN 2018.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
ASTRI FRISKYANI (friskyaniastri@gmail.com)
STUDI SANITASI RUMAH PENDERITA ISPA BALITA DI DESA GANDATAPA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS II SUMBANG TAHUN 2018.
xvii + 93 : tabel, gambar, lampiran

Penyakit ISPA adalah penyakit mudah menular, terutama lewat kontak langsung, udara atau makanan. Desa Gandatapa merupakan wilayah yang angka kesakitan penyakit ISPA cukup tinggi mencapai 49 penderita. Sanitasi rumah dan lingkungan erat kaitannya dengan angka kejadian penyakit menular, terutama penyakit ISPA. Diperlukan upaya untuk mencegah terjadinya kasus penyakit ISPA. Tujuan penelitian untuk mengetahui aspek kesehatan lingkungan yang mempengaruhi terjadinya penyakit ISPA di Desa Gandatapa Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.
Jenis penilitian deskriptif observasional dengan cara survei ke rumah penderita ISPA dengan jumlah 49 rumah, yang didasari dengan data geografi dan demografi desa Gandatapa sehingga dapat diketahui faktor lingkungan yang berpotensi menyebabkan penyakit ISPA.
Hasil observasional ini menunjukkan dari 49 kasus yang ada di Desa Gandatapa, diketahui kelembaban kamar tidur yang memenuhi syarat (45%) dan ruang keluarga (67%), suhu kamar tidur yang memenuhi syarat (82%) dan ruang keluarga (78%), tingkat pencahayaan alami kamar tidur yang memenuhi syarat (16%) dan ruang keluarga (22%), luas ventilasi kamar tidur yang memenuhi syarat (20%) dan ruang keluarga (29%), kepadatan penghuni yang memenuhi syarat (0%), kondisi dinding kamar tidur yang memenuhi syarat (100%) dan ruang keluarga (100%), kondisi lantai kamar tidur yang memenuhi syarat (96%) dan ruang keluarga (96%), kondisi kamar tidur yang dalam kondisi baik (0%), kondisi ruang keluarga yang dalam kondisi baik (0%). Kondisi sanitasi rumah yang dalam kondisi baik (0%).
Kesimpulan, pemeriksaan sanitasi rumah penderita ISPA dikategorikan belum memenuhi syarat dalam aspek kesehatan lingkungan, saran yang peneliti rekomendasikan adalah agar pihak puskesmas lebih giat melakukan penyuluhan kesehatan lingkungan. Masyarakat harus ikut berpartisipasi aktif untuk meningkatkan kesehatan lingkungan rumah dan lingkungan desa.

Daftar bacaan  :  21 ( 1999-2018 )
Kata Kunci      :  ISPA, Balita
Klasifikasi       :  -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar