Selasa, 25 September 2018

STUDI HYGIENE SANITASI DAN KUALITAS MIKROBIOLOGI ESCHERICHIA COLI PADA MAKANAN JAJANAN DI WILAYAH DESA CINGEBUL KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2018

Abstrak
Siti Kusmiyatun ( sitikusmiyatun10@gmail.com )
STUDI HYGIENE SANITASI DAN KUALITAS MIKROBIOLOGI ESCHERICHIA COLI PADA MAKANAN JAJANAN DI WILAYAH DESA CINGEBUL KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018
XIII + 46 Halaman: tabel, lampiran

Diare adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli yang melebihi batas standar yaitu 10 MPN/gram. Hal ini akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bakteri Escherichia coli yang melebihi standar. Data yang diperoleh di Puskesmas Lumbir di Desa Cingebul Kecamatan Lumbir bahwa penderita diare pada tahun 2017 terdapat 91 orang penderita yang rata-rata berumur 7 – 12 tahun. Ada 3 jenis makanan minuman yang mengandung Escherichia coli, yaitu: es pisang ijo, es susu dan nasi goreng. Tujuan penelitian untuk mengetahui 6 faktor hygiene tempat pengolahan makanan yang paling berisiko.
Metode penelitian adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran 6 faktor hygiene tempat pengolahan makanan dan minuman pada jenis jajanan es susu, mendoan, es pisang ijo dan nasi goreng yaitu di Sekolah Dasar Negeri Cingebul. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data, yaitu: checklist dan data sekunder berupa data laboratorium.
Hasil pengukuran checklist hygiene tempat pengolahan makanan, didapatkan hasil dari produsen, yaitu: 65% kategori cukup baik dan semuanya masih memenuhi syarat hygiene tempat pengolahan makanan. Rekapitulasi hygiene tempat pengolahan makanan dengan checklist yang meliputi: personal hygiene, bahan, alat, metode pengelolaan (pengamanan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, pengangkutan makanan, penyimpanan makanan dan penyajian makanan) didapatkan hasil dari produsen, yaitu: 65% kategori cukup baik semuanya masih memenuhi syarat hygiene tempat pengolahan makanan.
Kesimpulan  dilakukan 6 faktor hygiene tempat pengolahan makanan cukup baik. Saran untuk tempat pengolahan makanan untuk lebih memperhatikan 6 prinsip hygiene makanan dan minuman.

Daftar Bacaan : 23 (1989 – 2016)
Kata Kunci     : Jajanan Sekolah,6 Faktor Hygiene TPM, Bakteri Escherichia coli
Klasifikasi      :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar