Selasa, 25 September 2018

DENSITAS LARVA Aedes sp DI DESA KALIMANAH KULON KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2018.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Hanifa Rizkila Sari (hrizkila@gmail.com)
DENSITAS LARVA Aedes sp DI DESA KALIMANAH KULON KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2018.
xvi + 60 halaman: gambar, tabel, lampiran.

Kasus DBD di Desa Kalimanah Kulon dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2017 terdapat enam kasus yaitu pada tahun 2015 terdapat tiga kasus, tahun 2016 terdapat tiga kasus sedangkan pada tahun 2017 tidak terdapat kasus DBD. Penyakit DBD telah berjangkit di Kecamatan Kalimanah, tepatnya di Desa Kalimanah Kulon. Desa Kalimanah Kulon termasuk wilayah Puskesmas Kalimanah. Tujuan penelitian adanya kasus DBD, adanya larva Aedes sp, mengitung Container Index (CI), House Index (HI), Breteau Index (BI) dan Angka Bebas Jentik (ABJ).
Metode penelitian deskriptif. Jumlah yang diteliti yaitu RW 1 dan RW 2. Pengumpulan data umum dan data khusus diperoleh dari Puskesmas Kalimanah, Kelurahan Kalimanah Kulon serta dengan pengamatan dan pemeriksaan di lapangan.
Hasil penelitian di RW 1 dan RW 2 Desa Kalimanah Kulon Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga didapat CI=14%, HI=19%, BI=28% dan ABJ=80%.
Kesimpulan penelitian dari hasil survei didapat CI=14%, HI=19%, BI=28% dan ABJ=80%. CI tersebut termasuk dalam kriteria tinggi karena melebihi standar yang telah ditetapkan yaitu CI ≥ 5% dan ABJ kurang dari 95%. Maka dari itu, Masyarakat Desa Kalimanah Kulon hendaknya berperan aktif dalam memutuskan rantai penularan penyakit DBD melalui kegiatan 3M Plus dan menerapkan cara pengendalian larva Aedes sp.

Daftar bacaan : 15 (2006-2017)
Kata kunci      : Densitas Larva Aedes sp
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar