Senin, 09 November 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, 06 Juli 2015


Abstrak
Sabit Darojah (sabit_darojah@yahoo.com)
TINJAUAN SANITASI DAN PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSA’ADAH DESA KRITIG KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015 
xvi + 71 halaman, tabel, gambar, lampiran

Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Agama Islam, yang dalam kegiatannya mengembangkan fungsi peningkatan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT, pengembangan keilmuan yang manfaat, dan pengabdian terhadap agama islam, masyarakat, dan negara. Berdasarkan survey yang peneliti lakukan di Pondok Pesantren Darussa’adah ditemukan aspek sanitasi lingkungan yang belum memenuhi syarat. Tujuan penelitian untuk mengetahui lebih lanjut keadaan sanitasi di lingkungan pondok pesantren.    
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan melakukan pengamatan, pengukuran dan wawancara.  
Hasil dimasukan dalam bentuk narasi dan tabel, kemudian di analisis dan dibandingkan dengan peraturan yang ada. Hasil penelitian Sanitasi Pondok Pesantren Darussa’adah termasuk dalam kategori cukup dengan presentase 70%. Kondisi lingkungan dan bangunan utuh, kuat, tidak memungkinkan sebagai tempat bersarangnya serangga atau tikus. Kamar atau ruang bersih, dinding berwarna terang, kepadatan hunian 1,84 m2 per orang, pencahayaan pagi 57,9 lux dan sore 35,7 lux, kelembaban 84,4%, suhu 28,1oC, penghawaan 4,64%. Kandungan coliform air bersih ≥1898 MPN/100 ml. Perilaku Hidup Bersih Sehat Pengasuh sudah baik dengan presentase 83%, Perilaku Hidup Bersih Sehat Santri berjumlah 14 orang sudah cukup baik dengan presentase 82% dan 3 orang kurang baik dengan presentase 18%.
Kesimpulan bahwa Sanitasi Pondok Pesantren Darussa’adah termasuk dalam kategori cukup baik, tetapi masih ada beberapa komponen yang belum memenuhi syarat yaitu kepadatan penghuni, pencahayaan pagi dan sore, pembuangan air limbah, sarana air bersih. Adapun saran, yaitu penambahan kamar, penambahan penerangan, pemberian klor pada air bersih.
 
Daftar bacaan : 17 (1981-2012)
Kata kunci      : Sanitasi dan PHBS
Klasifikasi      :
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar