Minggu, 08 November 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015

Abstrak
Deppy Lucky Ibnuloh (de_Lucky99@yahoo.co.id)
STUDI PENGELOLAAN LIMBAH CAIR DI RSUD dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA TAHUN 2015
XVII + 109 halaman: gambar, tabel, lampiran.

RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga merupakan rumah sakit type C milik pemerintah daerah. Kapasitas tempat tidur di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga adalah 235 tempat tidur, dengan Bed Occupancy Rate (BOR) atau angka pemanfaatan tempat tidur selama bulan  Januari  Maret tahun 2015 adalah 75,81%. Hasil survei pendahuluan pada IPAL bulan Oktober tahun 2014 di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga terdapat permasalahan antara lain tidak berfungsinya mesin aerator, sehingga proses pengolahan limbah cair tidak berjalan dengan baik dan kualitas limbah cair yang dihasilkan rumah sakit tidak memenuhi syarat baku mutu standar limbah cair rumah sakit mengacu pada Perda Prop. Jateng No. 05 tahun 2012. Tujuan penelitian untuk Mengetahui pengelolaan limbah cair di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif evaluasi yaitu mencari jawaban tentang pencapaian tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan mendeskripsikan pengelolaan limbah cair pada aspek administratif (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan) dengan kuesioner dan check list, kemudian di bandingkan dengan pedoman prosedur tetap pelaksanaan pengelolaan limbah cair rumah sakit.
Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan limbah cair di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga termasuk kategori Tidak Baik diperoleh nilai yaitu 47%, karena berdasarkan kategori penilaian skala Guttman nilai < 50% termasuk kategori Tidak Baik. Sebaiknya perlu ada penambahan dana yang dialokasikan untuk pengelolaan limbah cair, meningkatkan sumber daya manusia serta meningkatkan kedisiplinan kerja dalam pengelolaan limbah cair rumah sakit.

Daftar Bacaan : 20 (1992-2013)
Kata Kunci      : Manajemen Limbah Cair Rumah Sakit
Klasifikasi       : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar