Senin, 09 November 2015


                                                                                          Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
                                                                                           Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
                                                                                           Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
                                                                               Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
                                                                                                                 Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015


Abstrak
Ita Latiana Damayanti (italatiana_damayanti@yahoo.com)
PENILAIAN ERGONOMISITAS TENAGA KERJA DI UNIT DRUMPLANT  PT. PERTAMINA (PERSERO) RU IV CILACAP TAHUN 2015
XVI+86halaman : gambar, tabel, lampiran 

Unit Drumplant merupakan salah satu penunjang proses produksi di PT. Pertamina RU IV Cilacap yang berfungsi sebagai tempat drum manufacturing dan asphalt filling. Proses produksi menggunakan peralatan terpadu menimbulkan banyak resiko. Ergonomi merupakan ilmu penerapan untuk menyerasikan pekerjaan dan lingkungan terhadap tenaga kerja.Salah satu indikator ergonomi yaitu penerapan antropometri dengan perkakas kerja yang sesuai dengan dimensi tubuh tenaga kerja yang menggunakannya.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesesuaian antara antropometri tenaga kerja dengan perkakas kerja yang digunakan di Unit Drumplant PT. Pertamina (Persero) RU IV Cilacap.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif.Subjek penelitian ini adalah tenaga kerja yang bekerja pada proses produksi di Unit Drumplant PT.Pertamina (Persero) RU IV Cilacap yang berjumlah 25 orang. Penelitian dilaksanakan Mei 2015 sampai Juni 2015, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, penelusuran dokumen, pengukuran terhadap antropometri pekerja dan pengukuran terhadap antropometri perkakas kerja (mesin produksi di Unit Drumplant).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 25 pekerja yang diukur , hanya 2 pekerja yang antropometri sesuai dengan perkakas kerja di Unit Drumplant PT. Pertamina (Persero) RU IV Cilacap, yaitu 8 % ergonomis dan 92 % tidak ergonomis. Sehingga dapat menyebabkan penyakit akibat kerja dan menurunnya produktifitas kerja.
Kesimpulan bahwa belum ada kesesuaian antara antropometri pekerja dengan perkakas kerja.Untuk mencegah menurunnya produktifitas kerja maka hendaknya disediakan alas untuk berdiri sehingga posisi kerja tidak terlalu pendek ke mesin yang tingginya dapat disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan antropometri pekerja.Kemudian disediakan juga kursi pada tiap mesin produksi agar pekerja dapat duduk sejenak untuk mengurangi kelelahan akibat bekerja dengan posisi yang berdir terus menerus.

Daftar Bacaan : 13 (1989-2012)
Kata Kunci     : Penilaian, Ergonomi, Antropometri Pekerja,  Perkakas Kerja
Klasifikasi      : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar