Senin, 09 November 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, 8 Juli 2015


Abstrak
Muhamad Izzuddin Faiz (Izzuddinfaiz77@yahoo.co.id)

STUDI INFEKSI CACING PADA PEKERJA INDUSTRI GENTENG SOKKA 

DESA KEBULUSAN KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015.
 xv + 77 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Kecacingan adalah suatu bentuk infeksi oleh cacing yang ditularkan melalui perantara tanah ke manusia. Infeksi cacing dewasa menyebabkan gangguan pencernaan, pendarahan, anemia dan iritasi usus. Sedangkan bentuk larvanya dapat menyebabkan reaksi alergi dan kelainan jaringan di tempat hidupnya. Kondisi kronis akibat kecacingan dapatmenurunkan produktivitas kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prevalensi kecacingan pada pekerja industri genteng SOKKA di Desa Kebulusan Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen.
Jenis penelitian ini adalah Deskriptif pendekatanEksploratif. Populasi penelitian ini adalah 150 pekerja industri genteng, sampel diambil sebanyak 25% dari populasi yang dibagi secara proporsional. Pengumpulan data dilakukan dengan pemeriksaan laboratorium dan wawancara dengan responden. Penderita kecacingan perut pada pekerja industri genteng sebesar 7,5%. Data dianalisis  dengan analisis deskriptif dengan mengunakan prosentase data dalam tabel dan dibandingkan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan prevalensi kecacinganpekerja industri genteng SOKKA sebesar 7,5%. Larva/telur cacing yang teridentifikasi adalah Ascaris lumbricoides dan Trichuris trichiura..
Hasil analisis menunjukan pada pekerja pabrik genteng, pada indikator personal hygiene yaitu kebersihan tangan 92,5% tidak bersih, kaki 80% tidak bersih, kuku 67,5% tidak bersih, jamban/BAB 82,5% kurang bersih, kesimpulan analisis ini adalah pekerja kurang memperhatikan kebersihan kuku, tangan, kaki dan perilaku setelah BAB memberikan peluang lebih besar cacing untuk masuk kedalam tubuh melalui dua jalan yaitu melalui mekanisme tertelanya telur dan masuknya larva cacing melalui kulit. Pekerja yang jenis pekerjaanya selalu berinteraksi dengan tanah sangat beresiko terkena kecacingan hendaknya memperhatikan kebersihan perorangan dan menggunakan alat pelindung diri berupa sarung tangandan sepatu boot.

Daftar bacaan : 21 (1990  2014)
Kata kunci      : Kecacingan,  industri genteng
Klasifikasi      : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar