Minggu, 08 November 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Pogram Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015


Abstrak
Dwiana Widyawati (Dwiana_widyawati@yahoo.com)
SANITASI BARBERSHOP (Tempat Pangkas Rambut) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS II PURWOKERTO UTARA TAHUN 2015 
Xiii + 79 Halaman : Gambar, tabel, lampiran  

Sanitasi adalah suatu cara untuk mencegah berjangkitnya suatu penyakit menular dengan jalan memutuskan mata rantai dari sumber. Sanitasi merupakan usaha kesehatan masyarakat yang menitik beratkan pada penguasaan terhadap berbagai faktor lingkungan yang mempengaruhi. Barbershop (Tempat Pangkas Rambut)  adalah suatu tempat dimana umum dapat memotong rambutnya dengan dipungut biaya. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui  keadaan sanitasi Barbershop (tempat pangkas rambut) yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas II Purwokerto Utara tahun 2015.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah sebuah metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan secara obyektif.  
Hasil penelitian yang telah dilakukan pada barbershop (tempat pangkas rambut) di wilayah kerja Puskesmas II Purwokerto Utara yang berjumlah enam tempat hasilnya masuk dalam kategori Cukup Baik dengan nilai tertinggi pada tempat pangkas rambut F dengan nilai 79% nilai  terendah pada tempat pangkas rambut D yaitu 57% dan rata  rata nilai nilai pada masing  masing tempat pangkas rambut yaitu 66%. Penialaian meliputi bangunan dan alat bahan, penyehatan air, penyehatan udara, personal hygiene karyawan, pengelolaan sampah, dan pengendalian vektor dan binatang pengganggu.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Keadaan sanitasi Barbershop (tempat pangkas rambut) pada enam tempat yang ada di wilayah kerja Puskesmas II Purwokerto Utara mendapat kategori Cukup Baik dengan nilai rata  rata 66%. Sehingga masih ada beberapa hal yang masih perlu untuk di perbaiki lagi dan di tambahkan agar kedepannya menjadi lebih baik lagi. Dengan cara Memberikan pembinaan ataupun penyuluhan kepada para karyawan tentang personal hygiene dan cara pengelolaan sanitasi tempat pangkas rambut yang baik dan sehat.
 
Daftar Bacaan  :  11 (1981-2014)
Kata Kunci      : Barbershop, sanitasi, sanitasi tempat  tempat umum
Klasifikasi       : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar