Senin, 09 November 2015


                                                                                         Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015


Abstrak 
Intan Anggraeni (intan.anggrae@yahoo.co.id)
PENGARUH PEMAKAIAN MASKER INTAN TERHADAP KENYAMANAN PEKERJA PENGGILINGAN PADI DI DESA KURIPAN         KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2015 
XV + 61 halaman: gambar, tabel, lampiran

Proses penggilingan padi, salah satu bahan buangan yang dihasilkan dan dapat menggangu kesehatan pekerja adalah debu. Sementara pekerja tidak melindungi diri dengan cara memakai masker. Hal ini disebabkan masker yang ada dengan menggunakan baju dari katun dan tidak membuat rasa nyaman. Tujuan penelitian ini adalah menemukan masker sebagai alat pelindung pernafasan yang aman dan nyaman digunakan pekerja penggilingan padi.
Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen. Penelitian dilakukan pada pekerja yang berada di tiga lokasi penggilingan padi         di Desa Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran, wawancara dan pengamatan.
Hasil penelitian ini diperoleh nilai p 0,276 > α (0,05) yang artinya tidak ada pengaruh signifikan pemakaian masker intan terhadap kenyaman pekerja. Untuk masker yang lebih nyaman adalah masker intan dengan ketebalan         8 lapis.
Kesimpulan  ketebalan masker intan 8 lapis yang lebih nyaman dan tidak ada pengaruh signifikan pemakaian masker intan terhadap kenyaman pekerja. Untuk penggunaan masker intan sebaiknya dalam kondisi yang bersih, penggunaan masker intan dilengkapi dengan tali pengikat, dan sebaiknya pekerja penggilingan padi menggunakan masker intan saat berada di tempat kerja.

Daftar bacaan : 20 (1992-2014)
Kata kunci      : Masker
Klasifikasi       : - 
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar