Senin, 09 November 2015

Kementerian Kesehatan RI
Politeknik Kesehatan Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
                                                                                                                    Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015

 
ABSTRAK
Imam Suerdi (imamsuerdi@gmail.com)
PENGELOLAAN SAMPAH DI RUMAH SAKIT ISLAM PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2015

Rumah sakit sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan, tempat berkumpulnya orang sakit maupun orang sehat, atau dapat menjadi tempat penularan penyakit serta memungkinkan terjadinya pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan. Rumah Sakit Islam Purwokerto Kabupaten Banyumas merupakan rumah sakit yang menghasilkan sampah dari setiap kegiatan yang dilakukan di rumah sakit. Tujuan penelitian ingin adalah untuk mengetahui pengelolaan sampah di Rumah Sakiit Islam Purwokerto Kabupaten Banyumas.
Metode pelitian ini adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan pengelolaan sampah medis di RS Islam Purwokerto Kabupaten Banyumas.
Hasil penelitian yang didapatkan yaitu rata-rata berat sampah medis adalah 27,5 Kg/ hari dan rata-rata volume sampah non medis adalah 711,42 liter/hari, sudah ada lingkup kegiatan pengelolaan sampah medis untuk pelaksanaan pengelolaan sampah medis agar menjadi baik, tetapi dalam pelaksanannnya masih ada yang belum sesuai dengan lingkup kegiatan tersebut. Pelaksanaan yang belum sesuai adalah masih adanya sampah non medis yang tercampur di tempat sampah, kapasites TPS medis kurang memadai, pengumpulan sampah  tidak menggunakan jalur khusus, pengangkutan sampah medis dilakukan setiap hari Rabu dan jalan menuju TPS medis sempit.
Kesimpulan  pelaksanaan pengelolaan sampah medis masuk dalam kategori baik dengan skor 77,77%. Peneliti menyarankan sebaiknya melakukan pemantauan setiap hari oleh petugas dari tahap penimbulan sampah sampai tahap pemusnahan sampah, sehingga pelaksanaan pengelolaan sampah di rumah sakit dapat berjalan dengan baik.

Daftar bacaan  : 10 (1991-2011)
Kata kunci       : pengelolaan, sampah di rumah sakit
Klasifikasi        : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar