Kamis, 05 November 2015

STUDI PROSES PENANGANAN LINEN DI RUMAH SAKIT EMANUEL BANJARNEGARA TAHUN 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang  
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015

Abstrak
Agnesti Endang Legowati (agnestiendang_legowati@yahoo.com)
STUDI PROSES PENANGANAN LINEN DI RUMAH SAKIT EMANUEL BANJARNEGARA TAHUN 2015 
XVI + 75 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Rumah Sakit Emanuel Banjarnegara merupakan rumah sakit Tipe C, dengan nilai (Bed Occupancy Ratio) 64,88%, jumlah tempat tidur 180. Lingkungan rumah sakit yang kurang baik merupakan sumber potensi terjadinya infeksi nosokomial, salah satu lingkungan tersebut adalah penanganan linen. Dalam proses penanganan linen ada beberapa tahap yang belum memenuhi standar, yang meliputi pengangkutan menggunakan kereta linen yang tidak terlindungi sehingga menjadi potensi cemaran bakteri. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses penanganan linen dan mendiskripsikan proses penanganan linen, jumlah rata-rata linen kotor, jenis linen serta mengetahui jumlah angka kuman spora spesies Bacillus sp. pada linen bersih setelah keluar dari proses.
Jenis penelitian deskriptif yaitu dengan cara membandingkan hasil penelitian yang dilakukan dengan teori dan peraturan yang berlaku yaitu KepMenkes RI Nomor 1204/Menkes/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit.
Hasil Penelitian, Proses penanganan linen di Rumah Sakit Emanuel Banjarnegara termasuk dalam katagori cukup baik dengan nilai 70%. Hasil pemeriksaan mikrobiologi spora spesies Bacillus sp. pada seprei (0,62 inc2), sarung bantal (19,22 inc), sarung guling (4,96%) dan selimut (127,72 inc2). Kesimpulan proses penanganan linen ada yang belum baik yaitu proses pengangkutan linen kotor, karena troli yang digunakan masih sama antara linen infeksius dan non infeksius tetapi kantongnya sudah terpisah. Peneliti menyarankan untuk pelatihan penanganan linen yang baik dan bahaya linen kotor bagi kesehatan serta peningkatan kesadaran tenaga penanganan linen tentang pentingnya alat pelindung diri untuk mencegah terjadinya penyakit akibat kerja.

Kepustakaan : 14 ( 1989  2014 )
Kata kunci    : Penanganan dan linen rumah sakit
Klasifikasi    :
Full Text

Tidak ada komentar:

Posting Komentar