Senin, 09 November 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
                                                                                                                   Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015
 
Abstrak 
Friandini Bayu Purwaningtyas (friandini_bp@yahoo.com)
HUBUNGAN INTENSITAS SUARA MESIN PENGGILINGAN PADI DENGAN KELUHAN GANGGUAN PENDENGARAN PEKERJA DI DESA KURIPAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2015. 
XV + 76 halaman : gambar, tabel, lampiran

Tenaga kerja mempunyai peranan yang penting sebagai penggerak roda pembangunan nasional khususnya yang berkaitan dengan sektor industri yang tidak luput dari resiko terjadi celaka dan penyakit sebagai akibat dari pekerjaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran hubungan intensitas suara mesin penggilingan padi dengan keluhan gangguan pendengaran pekerja.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian observasi analitik dengan pendekatan crossectional. Penelitian dilakukan di 3 lokasi penggilingan padi di desa kuripan kecamatan kesugihan kabupaten cilacap. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pekerja pada penggilingan padi Dwi Tunggal sebanyak: 2 orang, Tri Manunggal sebanyak: 3 orang, dan Rukun Tani Maju sebanyak: 3 orang dengan total keseluruhan pekerja yang berada Di Desa Kuripan, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap sebanyak: 8 orang.
Hasil penelitian ini diketahui terdapat 5 titik pengukuran yang tidak memenuhi syarat ( > NAB = 85 dBA ). Titik A1 sebesar 87.24 dBA, titik A sebesar 91.6 dBA, titik B4 sebesar 85.62 dBA, titik C
1 sebesar 92.17 dBA, titik C sebesar 86.22 dBA. Jenis keluhan yang dialami pekerja pada 3 lokasi penggilingan padi yaitu berupa telinga berdenging, percakapan diulang, gangguan komunikasi dan keluhan pusing/sakit kepala.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil uji statistik menggunakan korelasi range spearmans diperoleh hasil p = 0,223 > α ( 0,05 ), artinya tidak ada hubungan antara intensitas suara mesin penggilingan padi dengan keluhan gangguan pendengaran pekerja di Desa Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Disarankan untuk penelitian lebih lanjut dilakukan penambahan jumlah responden. 
  
Daftar bacaan : 16 (1990-2009)
Kata kunci      : intensitas suara, keluhan gangguan pendengaran
Klasifikasi      : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar