Minggu, 08 November 2015

STUDI PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RUMAH SAKIT

 Kementrian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015


ABSTRAK 
Dharma Cahyo Nugroho ( Dharmacahyon@yahoo.com)
STUDI PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015 
XV+91 halaman, tabel, gambar, lampiran 

Rumah sakit sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan, tempat berkumpulnya orang sakit maupun orang sehat, atau dapat menjadi tempat penularan penyakit serta memungkinkan terjadinya pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan. Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng Kebumen merupakan rumah sakit yang menghasilkan sampah medis dari setiap kegiatan medis di setiap ruangan rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan sampah medis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng Kebumen.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan pengelolaan sampah medis di RS PKU Muhammadiyah Sruweng Kebumen.
Hasil penelitian yang didapatkan yaitu rata-rata volume sampah medis adalah 218,7 Liter per hari dan rata-rata berat sampah medis adalah 46 Kg per hari, pada fase penimbulan masih ditemukan sampah non medis yang tercampur di tempat sampah medis, pada fase pewadahan masih ada tempat sampah medis yang dilapisi kantong plastik berwarna hitam, pada fase pengangkutan belum menggunakan jalur khusus untuk pengangkutan. Kesimpulan  penilaian pelaksanaan pengelolaan sampah medis secara umum masuk dalam kategori baik dengan score 81,08%. Peneliti menyarankan sebaiknya dilakukan penyuluhan tentang fungsi tempat sampah medis, menambah frekuensi pengangkutan sampah pada ruangan yang menghasilkan volume sampah medis dalam jumlah banyak, melakukan pemantauan untuk kegiatan pengelolaan sampah medis yang masih menimbulkan permasalahan dan semua kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan sampah medis.

Daftar bacaan  : 20 (1992-2011)
Kata kunci       : Pengelolaan, sampah medis, rumah sakit
Klasifikasi       : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar