Senin, 09 November 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
                                                                                                                   Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
 
Abstrak 
Ibnu Misbahul Munir (ibnumisbahul56@gmail.com)
HIGIENE SANITASI PENGELOLAAN MAKANAN DI INSTALASI GIZI RSUD AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2015
XXVI+60 halaman:gambar, tabel, lampiran 

Penyelenggaraan makanan di rumah sakit  sebagai bagian dari sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit yang mendukung upaya penyembuhan dan pemulihan penyakit. Melalui makanan sangat tergantung dari higiene dan sanitasi agar makanan tersebut tidak menjadi sumber penular penyakit bagi manusia yang mengkonsumsi makanan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Higiene Sanitasi Pengelolaan Makanan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan pemeriksaan kualitas mikrobiologi makanan yang dihasilkan oleh Instalasi Gizi untuk memperoleh gambaran yang jelas dan nyata tentang pengelolaan makanan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang.
Hasil penelitian menunjukkan cara pengamanan bahan makanan (98,11%), cara penyimpanan bahan makanan (87,5%), cara pengolahan bahan makanan (96,55%), cara penyimpanan makanan (88,89%), cara pengangkutan makanan (96,15%), cara penyajian makanan (100%) dan Kualitas mikrobiologis makanan dari tiga sampel yang diperiksa menunjukkan hasil negatif E.coli seperti bubur (0/gram sampel), tahu (0/gram sampel), Oseng sayur (0/gram sampel).
Kesimpulan Higiene Sanitasi Pengelolaan Makanan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang sudah memenuhi syarat sesuai dengan Kepmenkes No.1204 Tahun 2004 tentang persyaratan kesehatan lingkungan di rumah sakit. Pihak Rumah Sakit seharusnya melakukkan pemeriksaan mikrobiologis makanan setiap satu bulan sekali sebagai pemantauan kualitas makanan yang dihasilkan oleh Instalasi Gizi. 

Daftar bacaan : 10 (1986-2011)
Kata Kunci     : instalasi gizi, pengelolaan makanan, rumah sakit
Klasifikasi      : 
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar