Jumat, 06 November 2015

HUBUNGAN HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN MAKANAN DENGAN JUMLAH ANGKA KUMAN PADA MIE

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015


Abstrak  
Aryani Khoirun Nisa (aryani.nisaa@yahoo.com)
HUBUNGAN HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN MAKANAN DENGAN JUMLAH ANGKA KUMAN PADA MIE GANYONG YANG DIPRODUKSI OLEH HOME INDUSTRY DI DESA MAJASARI KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2015
XIV + 88 halaman : tabel, gambar dan lampiran 

Ganyong adalah sejenis tumbuhan penghasil umbi yang dimanfaatkan menjadi produk olahan mie ganyong. Berdasarkan survei pendahuluan yang telah dilakukan kondisi sanitasi tempat pembuatan mie ganyong pengolahan masih dilakukan dilantai, penjamah kurang memperhatikan personal hygiene seperti masih berkuku panjang, tempat penjemuran mie ganyong disebelah jalan raya, di sebelah tanah yang becek, diinjak-injak oleh bebek dan ayam yang memungkinkan terkontaminasi mikroorganisme ke dalam mie ganyong. Tujuan penelitian mengetahui hubungan hygiene sanitasi pengelolaan makanan dengan jumlah angka kuman pada mie ganyong yang diproduksi home industry di Desa Majasari.
Jenis penelitian observasi dan pendekatan cross sectional, yaitu penelitian dilakukan pada waktu tertentu dan mengetahui hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.
Hasil penilaian hygene sanitasi pengelolaan mie ganyong cukup baik (presentasi 57,8%). Hasil pemeriksaan angka kuman pada empat produsen memenuhi syarat dengan standart 1 x 106 koloni/g. Hasil responden A sampel baru (4,6 x 105 koloni/g), sampel lama (3.4 x 104 koloni/g). Responden B sampel baru (3.6 x 105 koloni/g), sampel lama (1,3 x 104 koloni/g). Responden C sampel baru (5.2 x 105 koloni/g), sampel lama (1,4 x 104 koloni/g). Responden D sampel baru (3,9 x 105 koloni/g), sampel lama (6,7 x 104 koloni/g). Kesimpul bahwa hygiene sanitasi pengelolaan mie ganyong sudah cukup baik (presentasi 57,8%). Hasil uji statistik pada sampel rata-rata 0,04, dibandingkan dengan α 0.05 maka 0.04 < 0,05. Ho ditolak dan Ha diterima berarti ada hubungan hygiene sanitasi pengelolaan makanan dengan jumlah angka kuman pada mie ganyong yang diproduksi oleh home industry di Desa Majasari. Saran agar penjamah mie ganyong mengolah mie ganyong dimeja yang bersih, dan menjaga personal hygiene seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah mengolah mie ganyong.

Daftar bacaan : 14 (1989-2014)
Kata kunci      : Hygiene Sanitasi Pengelolaan Mie Ganyong
Klasifikasi      : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar