Senin, 09 November 2015

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015

Abstrak
Kondang Bayu Prakarsa (kondang.bayu@yahoo.co.id)

DESKRIPSI KANDUNGAN BAKTERI Coliform PADA ES DAWET YANG DIJUAL DI KECAMATAN SOKARAJA TAHUN 2015 

Xvi+ 65 halaman: gambar table lampiran

Es dawet merupakan salah satu minuman dengan bahan baku air sehingga sangat rawan terkontaminasi oleh mikroorganisme seperti jamur, kapang dan khamir. Salah satu bakteri yang relatif tahan hidup di air adalah bakteri Coliform. Biasanya dalam penjualan tidak memperhatikan 6 prinsip sanitasi. Hal ini menimbulkan kasus penyakit dan keracunan di Indonesia semakin banyak. Melihat kondisi yang seperti itu maka penelitian tertarik untuk melakukan penelitian terhadap es dawet. Tujuan penelitian ini adalah mengukur jumlah kandungan bakteri Coliform pada es dawet yang dijual oleh masing-masing penjual di Kecamatan Sokaraja Tahun 2015, sedangkan tujuan khususnya adalah menganalisis bakteri Coliform dalam es dawet yang dijual di Sokaraja tidak melebihi standar untuk kandungan kandungan bakteri Coliform, dan mendeskripsikan sanitasi penjualan es dawet di Kecamatan Sokaraja.
Metode penelitian deskriptif untuk memperoleh gambaran tentang kualitas es dawet dilihat dari kandungan bakteri Coliform pada masingmasing sampel adalah es dawet yang dijual di Kecamatan Sokaraja dan mendeskripsikan sanitasi penjualan es dawet tersebut.
Hasil pemeriksaan laboratorium pada 5 pedagang es dawet menunjukan bahwa semua sampel melebihi batas maksimum mikroba yang telah ditentukanoleh Badan Pengawas Obat dan Makanan RI No.HK 00.06.1.52.4011 tentang penetapan batas maksimum cemaran mikroba dan kimia adalah < 3/ml dan hasil inspeksi sanitasi penjualan es dawet pada pedagang di Kecamatan Sokaraja yaitu berkategorikan cukup baik, tetapi masih banyak pedagang yang setelah mengambil bahan es dawet pada toples/wadah tidak ditutup kembali dan dalam proses pencucian penjual hanya menggunakan 1-2 ember pencuci saja. Kesimpulan bahwa jumlah bakteri Coliform pada es dawet yang dijual pada 5 pedagang es dawet di Kecamatan Sokaraja tidak ada yang memenuhi persyaratan kebersihan. Sarannya adalah pelu adanya pengawasan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas terhadap para pedagang es dawet  yang ada di Kecamatan Sokaraja.

Daftar bacaan : 15 ( 1978- 2001 )
Kata kunci      : Bakteri Coliform
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar