Kamis, 05 November 2015


                                                                                           Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
                                                                                             Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
                                                                                            Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
                                                                                             Program Studi D III Kesehatan Lingkungan
                                                                                                                   Karya TulisI lmiah, Juli 2015

Abstrak
Akbar Sandi Perdana (akbarsandi69@yahoo.co.id)
STUDI KONTAMINASI Escherechia coli PADA PERALATAN MAKAN (GELAS) YANG DIGUNAKAN OLEH PEDAGANG ES DAWET DI KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2015 
 xvi + 86 halaman: gambar, tabel, lampiran

Kebersihan peralatan makan yang kurang baik mempunyai peranan penting dalam penyebaran kuman penyakit dan keracunan. Permasalahan penjual es dawet mencuci peralatan makanan atau minuman menggunakan air sumur tercemar. Tujuan dari penelitian, untuk mengetahui keberadaan Escherechia coli pada peralatan makan (gelas) yang digunakan oleh pedagang es dawet di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. 
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisa laboratorium untuk mengetahui angka kuman Escherechia coli pada peralatan makan yang digunakan oleh pedagang es dawet di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada hasil pemeriksaan laboratorium usap peralatan makan yang digunakan oleh pedagang es dawet di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas belum memenuhi syarat kesehatan sesuai dengan Permenkes RI No. 1096/Menkes/PER/2011 adalah bahwa syarat peralatan makan tidak mengandung Escherechia coli. Kesimpulan 5 sampel peralatan makan gelas yang digunakan oleh pedagang es dawet di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas semuanya mengandung kuman Escherechia coli (positif), hasil pemeriksaan menunjukan sampel gelas Toh ditemukan  50, sampel gelas An 230, sampel gelas Dar 230, sampel gelas Sul >24.000 dan sampel gelas Fua 3500.  Saran pedagang es dawet  untuk lebih menjaga kebersihan hygiene sanitasi makanan terutama pada proses pencucian alat makan sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya kontaminasi pada makanan.    

Daftar Bacaan  : 30 (1989-2013)
Kata Kunci       : Escherchia coli, alat makan
Klasifikasi        :
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar