Senin, 09 November 2015

KEMAMPUAN DAYA BUNUH TERHADAP NYAMUK Anopheles spp DIBEDAKAN MENURUT LAMA PAPARAN DAN MERK INSEKTISIDA TAHUN 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015


 Abstrak 
 Ratih Kesuma Wardani (ratihmawardani@yahoo.co.id)
KEMAMPUAN DAYA BUNUH TERHADAP NYAMUK Anopheles spp DIBEDAKAN MENURUT LAMA PAPARAN DAN MERK INSEKTISIDA TAHUN 2015 
XV+66 halaman : gambar, tabel, lampiran    

Malaria merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting di Indonesia. Upaya pemberantasan yang dapat dilakukan yaitu menekan densitas vektor dengan penyemprotan atau dengan kelambu berinsektisida. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lama paparan dan merk insektisida terhadap kematian nyamuk Anopheles Spp.
Jenis penelitian yang dipilih eksperimen dengan kualifikasi true experimental design dengan desain penelitian the posttest-only control group design. Uji statistik menggunakan Block Anova kemudian dilanjutkan dengan uji LSD (Least Significant Difference).
Hasil penelitian rata-rata kematian nyamuk pada merk insektisida B, H, V dan kontrol secara berturut-turut yaitu 19, 19,5, 18,75 dan 15. Rata-rata kematian nyamuk pada lama paparan 30, 60, 120 dan 3600 secara berturut-turut yaitu 2,75, 19,5, 20 dan 20. Hasil signifikasi menunjukan nilai 0,043 < α (0,05) untuk lama paparan sehingga Ho ditolak artinya ada perbedaan ketahanan nyamuk, berdasarkan lama paparan yang berbeda dan nilai 0,308 < α (0,05) untuk merk insektisida sehingga Ho diterima artinya tidak ada perbedaan merk insektisida dalam membunuh nyamuk Anopheles Spp.
Kesimpulan suhu dan kelembaban nyaman untuk nyamuk. Ada perbedaan lama paparan yaitu antara lama paparan 30, 60, 120 dan 3600 dan tidak ada perbedaan kemampuan merk insektisida dalam membunuh nyamuk Anopheles Spp. Sehingga kemampuan tertinggi daya bunuh nyamuk pada paparan 60 menit. Rekomendasi untuk masyarakat menggunakan merk insektisida H karena nyamuk lebih banyak yang mati, murah dan mudah ditemukan. Diharapkan ada penelitian selanjutnya tentang judul yang sama dengan konsentrasi insektisida yang berbeda. Penelitian selanjutnya perlu meneliti sampai berapa lama bau insektisida hilang.
 
Daftar bacaan : 13 ( 2003-2014)
Kata kunci      : Anopheles spp, lama paparan, jenis insektisida
Klasifikasi      : 
Full Text
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar