Selasa, 10 November 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Linkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015
 
Abstrak 
Tiffani Rhapsody Lila (Tiffarhapsody@gmail.com)
TINJAUAN KONDISI KESEHATAN LINGKUNGAN RSUD KARDINAH TEGAL TAHUN 2015
XVI+107 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Rumah sakit merupakan pembangunan kesehatan sebagai upaya untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat jika tidak dikelola dengan baik akan dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan pasien, pengunjung, petugas dan masyarakat sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kondisi kesehatan lingkungan rumah sakit yang meliputi kesehatan lingkungan rumah sakit, penyehatan ruang bangunan rumah sakit, penyehatan makanan dan minuman, penyediaan air bersih, pengolahan limbah cair, pengelolaan limbah medis dan nonmedis, pencucian linen (laundry), pengendalian serangga dan tikus, dekontaminasi melalui desinfeksi dan sterilisasi, pengamanan radiasi dan penyuluhan kesehatan lingkungan. Metode penelitian ini adalah observasional dengan analisis deskriptif dengan subjek lingkungan Rumah sakit. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasional dan dokumen. Analisis data yang digunakan secara deskriptif untuk menggambarkan kondisi kesehatan lingkungan rumah sakit dari hasil penelitian.
Hasil penelitian kondisi kesehatan lingkungan rumah sakit yaitu kesehatan lingkungan rumah sakit 86% (memenuhi syarat), penyehatan ruang bangunan rumah sakit 81% (memenuhi syarat), penyehatan makanan dan minuman 97% (memenuhi syarat), penyediaan air bersih 89% (memenuhi syarat), pengolahan limbah cair dan pengelolaan limbah medis dan non-medis 92% (memenuhi syarat), pencucian linen (laundry) 93% (memenuhi syarat), pengendalian serangga dan tikus 87% (memenuhi syarat), dekontaminasi melalui desinfeksi dan sterilisasi 90% (memenuhi syarat), pengamanan radiasi 65% (tidak memenuhi syarat), penyuluhan kesehatan lingkungan 80% (memenuhi syarat) dan unit atau instansi sanitasi rumah sakit 100% (memenuhi syarat). 
Kesimpulan  kondisi kesehatan lingkungan rumah sakit diperoleh hasil 87,2% dan memenuhi syarat. Penilaian diambil dari hasil cheklist. Saran sebaiknya rumah sakit melakukan pengadaan pelapisan dinding berbahan timah hitam (Pb) dan penggantian pintu dan jendela dengan bahan timah hitam (Pb).

Daftar Bacaan : 1985 – 2012
Kata Kunci      : Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit
Klasifikasi        : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar