Senin, 09 November 2015

PENGUKURAN KADAR SISA CHLOR SEBELUM DAN SESUDAH PEMAKAIAN AIR KOLAM RENANG DI WATER PARK SURYA YUDHA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik  Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015


Abstrak
Kencana Handayani (kencana.handayani16@gmail.com)
PENGUKURAN KADAR SISA CHLOR SEBELUM DAN SESUDAH PEMAKAIAN AIR KOLAM RENANG DI WATER PARK SURYA YUDHA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2015 
XVII + 97 halaman: gambar, tabel, lampiran.

Penyehatan kolam renang perlu dilaksanakan untuk mencegah penularan
penyakit dan gangguan kesehatan Kadar sisa chlor merupakan salah satu parameter penting dalam penyehatan air kolam renang. Tujuan penelitian ini mengetahui kadar sisa chlor sebelum dan sesudah pemakaian air kolam renang Water Park Surya Yudha Kabupaten Banjarnegara.
Jenis penelitian ini adalah penilitian deskriptif yang dilakukan dengan pengukuran kadar sisa chlor, kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan ketentuan teori dan persyaratan kesehatan untuk kolam renang. Hasil pengukuran diketahui kadar sisa chlor air kolam renang berkisar antara 0,1 mg/l – 0,8 mg/l. Hasil pengukuran pH air kolam renang antara range 5 – 7, pengukuran suhu kolam renang dalam range 24°C – 28,5°C, dan hasil pengukuran zat organik adalah 4,42 mg/l – 28,76 mg/l.
Kesimpulan hasil pengukuran kadar sisa chlor air kolam renang menunjukkan bahwa masih terdapat kolam yang belum memenuhi syarat kesehatan baik sebelum maupun sesudah pemakaian. Pengelola diharapkan menjaga kadar sisa chlor tetap dalam range 0,2 mg/l – 0,5 mg/l untuk mencegah timbulnya penularan gangguan kesehatan.

Daftar bacaan : 21 (1978 - 2015)
Kata kunci      : Sisa Chlor, Air Kolam Renang
Klasifikasi      : -
Full Text
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar