Senin, 09 November 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015


Abstrak
Jihan Muzayanah (Jihanmuzayanah@ymail.com)
PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RSUD DR. M. ASHARI KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2015 
XVI + 105 halaman : gambar, tabel, lampiran. 

Rumah sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan, tempat berkumpulnya orang sakit maupun orang sehat, dapat menjadi tempat penularan penyakit serta memungkinkan terjadinya pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan. RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang merupakan rumah sakit tipe C milik Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang. Adanya aktivitas pelayanan kesehatan menjadikan rumah sakit sebagai salah satu penghasil sampah medis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengelolaan sampah medis di RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang.
Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif yang mendeskripsikan pengelolaan sampah medis di RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang. Data didapatkan dari hasil pengamatan dan wawancara pada setiap proses pengelolaan sampah medis.
Hasil penelitian yang didapatkan yaitu rata-rata berat sampah medis per harinya adalah 56,27 kg dengan rata-rata volume sampah medis per hari adalah 635,4 liter. Sudah ada lingkup kegiatan pengelolaan sampah medis, Jenis sampah yang dihasilkan adalah sampah benda tajam, sampah infeksius, sampah jaringan tubuh, sampah farmasi, dan sampah kimia. Faktor penunjang kegiatan pengelolaan sampah medis sudah memadai meliputi organisasi, tenaga, sarana, dana, perencanaan, peraturan. Penilaian pelaksanaan pengelolaan sampah medis di RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang termasuk dalam kriteria sangat baik dengan nilai 80%. Peneliti menyarankan perlu dilakukan pemantauan terhadap semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan sampah medis.

Daftar bacaan  : 18 (1992-2014)
Kata kunci       : pengelolaan, sampah medis, rumah sakit
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar