Senin, 09 November 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, 9 Juli 2015


ABSTRAK  
Haneysa Fitria Bellona (haneysa27@gmail.com)
TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH TAMAN KOTA ANDHANG PANGRENAN KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014 
xiv + 47 halaman : tabel, gambar, lampiran 

Taman kota secara tradisional merupakan alun-alun dan taman raja, pamong praja yang terbuka juga untuk umum. Andhang Pangrenan merupakan taman kota yang berada di Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas. Kegiatan atau aktivitas yang ada di taman kota tersebut, menimbulkan sampah dengan jenis sampah yang bermacam-macam. Sampah yang ditimbulkan perlu dikelola guna menghindari penumpukan sampah yang dapat menimbulkan berbagai dampak negatif.
Metode penelitian adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian seluruh sampah dan tempat sampah yang berada di Taman Kota Andhang Pangrenan. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan pengukuran. Analisis data yang digunakan secara deskriptif untuk menggambarkan hasil penelitian.
Hasil penelitian yaitu tahap penimbulan yang bersumber dari aktivitas perkantoran, pedagang, pengunjung, dan pemeliharaan taman diperoleh nilai 75% dengan kategori cukup baik. Pewadahan menggunakan tong fiber berjumlah 50 buah diperoleh nilai 87,50% dengan kategori baik. Tahap pengumpulan sementara berlokasi di sebelah barat taman kota dan diperoleh nilai 41,67% dengan kategori kurang baik. Tahap pengangkutan termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase nilai 57,14%. Untuk tahap pengelolaan dan pemanfaatan kembali, di Taman Kota Andhang Pangrenan belum diadakan. Pembuangan akhir dilakukan oleh pihak ketiga yaitu TPA Gunung Tugel dan diperoleh nilai 60% dengan kategori cukup baik.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian yaitu pengelolaan sampah di Taman Kota Andhang Pangrenan termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 65,90%. Penulis menyarankan perlunya perbaikan kondisi pada tempat pengumpulan sementara untuk menurunkan penyakit yang diakibatkan oleh vektor dan binatang pengganggu.

Daftar bacaan : 21 (1982-2013)
Kata kunci      : sampah, pengelolaan sampah
Klasifikasi      : 
Full Text
  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar