Jumat, 06 November 2015

PENGARUH PEMAKAIAN PERASAN JERUK NIPIS SEBAGAI DESINFEKTAN TERHADAP JUMLAH ANGKA KUMAN PIRING MAKAN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
                                                                                                             Karya Tulis Ilmiah,  06 Juli 2015

Abstrak
APRIYATI NINGSIH (n_apriyati@yahoo.co.id)
PENGARUH PEMAKAIAN PERASAN JERUK NIPIS SEBAGAI DESINFEKTAN TERHADAP JUMLAH ANGKA KUMAN PIRING MAKAN DI KOST WIJAYA KUSUMA BATURRADEN TAHUN 2015
XIV + 67 halaman : gambar, tabel, lampiran

Salah satu sumber kontaminasi utama dalam pengolahan pangan berasal dari penggunaan wadah dan alat-alat pengolahan yang kotor dan mengandung mikroba dalam jumlah cukup tinggi. Pencegahan kontaminasi pada alat makan dapat dilakukan dengan pencucian alat makan. Desinfektan alami seperti jeruk nipis dapat di gunakan setelah proses pencucian khususnya piring makan.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemakaian perasan jeruk nipis sebagai desinfektan terhadap jumlah angka kuman piring makan.
Jenis penelitian, pre-eksperiment dengan dengan desain pre test and post test control group design. Sampel yang digunakan adalah simple random sampling yaitu seluruh piring kotor yang ada dalam satu hari diambil secara acak berjumlah 3 buah sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan dan pemeriksaan laboratorium. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Anova.  Hasil penelitian yaitu pemeriksaan jumlah angka kuman piring makan sebelum dan sesudah di beri perlakuan dengan perasan jeruk nipis.Rata-rata Prosentase penurunan jumlah angka kuman dengan pemberian jeruk nipis konsentrasi 5% sebesar 75,35%; konsentrasi jeruk nipis 10% sebesar 83,34%; konsentrasi  jeruk nipis 15% sebesar 57,07 %. Berdasarkan hasil analisis SPSS dengan uji Anova diketahui F hitung (45,814) > F(5,14). Kesimpulan bahwa ada pengaruh pemakaian perasan jeruk nipis sebagai desinfektan terhadap jumlah angka kuman piring makan di Kost Wijaya Kusuma Baturraden. tabel Berdasarkan hasil tersebut perasan jeruk nipis berpengaruh terhadap jumlah angka kuman piring makan. Saran masyarakat dalam pencucian piring makan setelah di cuci, direndam dengan air perasan jeruk nipis untuk mengurangi jumlah angka kuman piring makan.

Daftar bacaan : 24 (1988 - 2013)
Kata kunci      : Perasan Jeruk Nipis dengan Angka Kuman
Klasifikasi      : -
Full Text
                 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar