Senin, 09 November 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan  
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015  


Abstrak
Fakhri Dzulfiqar (Fahrydzulfiqar@yahoo.co.id)
HUBUNGAN INTENSITAS SUARA DENGAN TEKANAN DARAH PADA PEKERJA PT. TRADHA ASPHALT MIXING PLANT (AMP) KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015 
XIV+103 halaman, tabel, gambar, lampiran 

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. PER.13/ MEN/ X/ 2011 tentang Nilai Ambang Batas Faktor Fisika dan Faktor Kimia di Tempat Kerja pada pasal 1 menjelaskan bahwa kebisingan termasuk faktor fisika di tempat kerja yang dapat mengakibatkan penyakit atau gangguan apabila melebihi nilai ambang batas 85 dB. Kebisingan yang melebihi nilai ambang batas akan mengakibatkan terjadinya perubahan irama jantung dan tekanan darah. Hasil survei pendahuluan di PT. Tradha AMP bahwa sumber-sumber paparan intensitas suara berasal dari alat-alat atau mesin-mesin produksi yang digunakan oleh perusahaan. Pekerja merasakan pengaruh dari suara mesin seperti; gangguan komunikasi saat bekerja, menurunnya konsentrasi kerja, cepat lelah saat bekerja, stress yang berakibat pada ketidakstabilan emosi. Tujuan penelitian ingin mengetahui hubungan intensitas suara dengan tekanan darah pada pekerja PT. Tradha AMP Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen tahun 2015.
Metode penelitian yang digunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yaitu suatu penelitian untuk mencari adanya hubungan antara pajanan terhadap faktor risiko dan timbulnya penyakit sebagai akibat pajanan tersebut pada waktu yang sama.
Hasil uji statistik menggunakan Pearson Product Moment diperoleh nilai hitung r = 0,222 menunjukkan hubungan intensitas suara dengan tekanan darah sistolik rendah (lemah), dengan nilai p = 0,488 lebih besar dari α = 0,05 maka Ha ditolak dan Ho diterima yang berarti tidak ada hubungan antara intensitas suara dengan tekanan darah sistolik, sedangkan uji statistik menggunakan Pearson Product Moment diperoleh nilai hitung rxy = 0,056 menunjukkan hubungan intensitas suara dengan tekanan darah diastolik sangat rendah (sangat lemah), dengan nilai p = 0,863 lebih besar dari α = 0,05 maka Ha ditolak dan Ho diterima yang berarti tidak ada hubungan antara intensitas suara dengan tekanan darah diastolik. xy
Kesimpulan tidak ada hubungan intensitas suara dengan tekanan darah pekerja PT. Tradha AMP tahun 2015. Saran peneliti diharapkan pengelola menyediakan alat pelindung telinga untuk pekerja di Unit Stone Crusher dan AMP serta melakukan pemantauan terhadap intensitas suara secara rutin sesuai KepMenLH No. 48 tahun 1996 pada pasal 6. 

Daftar bacaan : 43 (1970-2015)
Kata kunci      : Intensitas suara, Tekanan darah
Klasifikasi      : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar