Senin, 09 November 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015


Abstrak
Iqmah Setiawati ( Iqmahs@gmail.com)
DESKRIPSI KONDISI SANITASI DI PONDOK PESANTREN MODERN ZAMZAM MUHAMMADIYAH DESA PERNASIDI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2015 
XIV + 81 halaman, gambar, tabel, lampiran 

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Agama Islam, yang dalam kegiatannya mengembangkan fungsi peningkatan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT, pengembangan keilmuan yang manfaat, dan pengabdian terhadap Agama Islam, Masyarakat dan Negara. Berdasarkan survei yang peneliti lakukan di pondok pesantren Modern Zam-zam Muhammadiyah ditemukan aspek sanitasi lingkungan yang belum memenuhi syarat. Tujuan penelitian  untuk mengetahui lebih lanjut keadaan sanitasi di lingkungan pondok pesantren.
Metode penelitian yang digunakan deskriptif yaitu dengan melakukan pengamatan, pengukuran dan wawancara terhadap sanitasi lokasi, lingkungan dan bangunan, sanitasi ruang dan kamar, sanitasi kamar mandi dan toilet, penyediaan air bersih, pembuangan limbah, pengelolaan sampah dan pengelolaan makanan. Hasil dimasukan dalam bentuk narasi dan tabel, kemudian di analisis dan dihubungkan dengan peraturan yang ada.
Hasil penelitian didapatkan bahwa sanitasi pondok pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah termasuk dalam kategori cukup dengan presentase 73%. Kondisi lokasi, lingkungan dan bangunan terawat, dilengkapi pagar, tata ruang dan penggunaannya sesuai dengan fungsinya. Kamar dan ruang masih dalam keadaan kotor tetapi permukaan bagian dalam mudah dibersihkan, dinding berwarna terang, kepadataan hunian 1,23 m² per orang, penghawaan 0.80%, pencahayaan pagi 95 lux dan sore 19,2 lux. Jamban dan kamar mandi tidak terpisah, kondisi dinding kamar mandi terdapat kerak. 
Kesimpulan penelitian adalah sanitasi pondok pesantren Modern Zamzam Muhammadiyah termasuk dalam kategori cukup baik. Ada beberapa komponen yang belum memenuhi syarat yaitu kamar dan ruang tidak bersih, kepadatan penghuni tidak memenuhi syarat. Disarankan kepada pihak pengelola dan santri untuk melakukan perawatan kebersihan secara rutin, penambahan kamar tidur, penambahan lubang penghawaan atau penghawaan mekanis, serta pemberian genteng kaca pada kamar dan ruang. 

Daftar bacaan : 17 (1986 - 2014)
Kata kunci      : Sanitasi, Pondok Pesantren
Klasifikasi      : -
Full Text
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar