Senin, 09 November 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Progam Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
                                                                                                                   Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015


Abstrak
Prasetyo Udi Utomo (dargomboz@yahoo.com)
HUBUNGAN JENIS ATAP DENGAN SUHU DAN KELEMBABAN KAMAR TIDUR DI DESA KARANGMANGU  RW 01 KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2015 
 XV +  69 halaman: gambar, tabel, halaman 

Kenyaman udara dalam ruangan ditentukan berdasarkan hubungan antara suhu udara, kelembaban udara dan gerakan angin. Berdasarkan survey awal yang dilakukan peneliti di RW 1 dengan sampel 15 rumah ditemukan bahwa warga dalam 10 rumah mengeluhkan suhu udara yang panas. Jenis atap yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu seng, asbes dan genteng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan jenis atap dengan suhu dan kelembaban kamar tidur di Desa Karangmangu Rw 01 Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas tahun 2015.                                                                                   
Jenis penelitian ini termasuk penelitian observasional yang mengacu pada deskriptif analitik dengan melakukan pengukuran terhadap variable bebas dan variable terikat. Kemudian menganalisis data untuk mencari hubungan antar variable dengan menggunakan pendekatan Cross sectional.                           
Hasil penelitian terhadap 30 responden diketahui bahwa pada pengukuran suhu terdapat 18 rumah suhunya memenuhi syarat dan 12 rumah suhunya tidak memenuhi syarat sedangkan pada pengukuran kelembaban terdapat 15 rumah kelembabannya memenuhi syarat dan 15 rumah kelembabannya tidak memenuhi syarat. Jenis atap yang digunakan responden diketahui terdapat 13 rumah yang atapnya memenuhi syarat dan 17 rumah tidak memenuhi syarat. 
Hasil analisis menggunakan uji Chi square yaitu terdapat hubungan antara jenis atap dengan suhu dan kelembaban. Disarankan kepada masyarakat Desa Karangmangu untuk menggunakan jenis atap genteng karena dalam penelitian ini atap genteng menghasilkan suhu dan kelembaban yang optimum, serta hendaknya peneliti lain melakukan penelitian ini untuk waktu yang lebih lama.
 
Daftar bacaan : 24 (1994  2014)
Kata kunci      : rumah sehat; suhu; kelembaban; jenis atap; kamar tidur;  kesehatan lingkungan. Klasifikasi      : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar