Minggu, 08 November 2015

STUDI PENGELOLAAN SAMPAH DI TERMINAL BUS

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Progam Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015

Abstrak 
BENY HIDAYAT (legowobeny@yahoo.com)
STUDI PENGELOLAAN SAMPAH DI TERMINAL BUS CILACAP TAHUN 2015 
xiv + 71 halaman: gambar, tabel, lampiran

Terminal bus sebagai salah satu pelayanan transportasi, tempat berkumpulnya orang untuk melakukan kegiatan seperti berpergian, berjualan, dengan adanya aktivitas terebut maka berpotensi menimbulkan sampah. Jumlah sampah sangat dipengaruhi oleh banyaknya pengunjung dan pedagang. Kehadiran sampah di terminal akan menimbulkan masalah tersendiri apabila tidak dikelola dengan baik dan benar. Tujun penelitian ini adalah mengetahui pengelolaan sampah di Terminal Bus Cilacap Tahun 2015.
Metode penelitian yang ini adalah metode deskriptif yaitu menggambaran pengelolaan di Terminal Bus Cilacap.
Hasil penelitian yang didapatkan yaitu dari tahap penimbulan sampai pembuangan akhir volume sampah per hari 749 liter, jumlah tersebut diantaranya sampah organik (basah) 218,8 liter dan volume sampah anorganik (kering) 530,2 liter, pada fase penimbulan masih ditemukan sampah anorganik yang tercampur di tempat sampah organik, pada fase pengumpulan sampah petugas tidak memakai APD yang lengkap yang telah disediakan.
Kesimpulan penelitian ini adalah hasil penilaian pengelolaan sampah secara umum masuk dalam kategori kurang baik dengan score 44,82%. Peneliti menyarankan sebaiknya dilakukan penyuluhan kepada petugas kebersihan tentang pengelolaan sampah dari tahap penimbulan sampai pembuangan akhir, melakukan pemantauan untuk kegiatan pengelolaan sampah yang masih menimbulkan permasalahan dan semua kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan sampah, sehingga dalam pengelolaan sampah di terminal bus Cilacap dapat berjalan dengan baik dan menjadikan kondisi lingkungan terminal menjadi bersih dan nyaman.

Daftar Bacaan : 18 (1982-2014)
Kata Kunci      : Pengelolaan Sampah, Terminal
Klasifikasi       : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar