Senin, 09 November 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
                                                                                                                   Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015
Abstrak
Resi Aneka Saputra (anekaresi1312@gmail.com)
IDENTIFIKASI, KEPADATAN DAN EKTOPARASIT TIKUS DI DAERAH PERIMETER, BUFFER DAN PEMUKIMAN TERDEKAT KKP KELAS II CILACAP TAHUN 2015
XVI+117 halaman : gambar, tabel, grafik, lampiran 

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Cilacap merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Departemen Kesehatan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dalam mewujudkan kondisi pelabuhan yang bebas dari penularan penyakit. Upaya mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh tikus maka perlu memperhatikan kepadatan tikus tidak hanya di daerah Perimeter dan Buffer tetapi juga di lingkungan permukiman terdekat pelabuhan. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui jenis, kepadatan dan ektoparasit tikus di daerah Perimeter, Buffer dan permukiman terdekat KKP Kelas II Cilacap.
Metode penelitian yang digunakan observasional dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan secara langsung pada subyek penelitian. Analisis data di gunakan analisis tabel dan grafik yaitu dianalisis secara deskriptif.
Hasil Trapping wilayah Perimeter dengan Success trap 5,03% dan Indeks Pinjal 1,25. Wilayah Buffer  dengan Success trap 10,83% dan indeks pinjal 1,8. Wilayah Permukiman terdekat Pelabuhan Tanjung Intan KKP Kelas II Cilacap dengan Success trap 26,67% dan indeks pinjal 0,63. Jenis tikus yang berhasil ditangkap di daerah Perimeter adalah Rattus tanezumi (37,5%), Rattus norvegicus (37,5%), Javenile (25%) merupakan tikus muda. Daerah Buffer Jenis tikus yang berhasil ditangkap adalah Rattus tanezumi (23,08%), Rattus norvegicus (61,54%), Javenile (11,54%), dan Subadult (3,84%). Sedangkan jenis tikus yang tertangkap di permukiman terdekat pelabuhan Tanjung Intan KKP Kelas II Cilacap adalah Rattus tanezumi (31,25%), Rattus norvegicus (37,5%), Javenile (25%), dan Subadult (6,25%). Umpan yang digunakan dalam pemasangan perangkap adalah kelapa bakar. 
Kesimpulan penelitian ini gambaran kepadatan tikus di masing-masing wilayah pengendalian. Perbedaan Jenis tikus yag diperoleh ada dua macam
yaitu R.tanezumi dan R.norvegicus sedangkan Jenis pinjal dengan spesies Xenopsylla cheopis. Saran untuk meningkatkan pemantauan tikus dan pinjal yang sudah berjalan dan pengujian kesukaan umpan tikus serta efektifitas perangkap yang dicuci dengan yang tidak dicuci. 

Daftar bacaan : 18 (1995-2014)
Kata kunci      : Ektoparasit Tikus, Pelabuhan
Klasifikasi      : -
Full text
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar