Senin, 09 November 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2015


Abstrak
Pravimatika Nur Alvy Kusuma Muliadi  ( Pravimatikanur@gmail.com )
STUDI KANDUNGAN LOGAM TIMBAL  ( Pb )  PADA KERANG KEPAH  ( Polymesoda Erosa ) DI TPI  ( TEMPAT PELELANGAN IKAN )  TANJUNG INTAN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2015 
XV + 45 halaman : gambar, tabel, lampiran

Pesatnya pembangunan dan penggunaan berbagai bahan baku logam dapat berdampak negatif yaitu salah satunya pecemaran air oleh logam Timbal  ( Pb ) . Pencemaran air laut ini berdampak sangat serius bagi manusia terutama yang mengkonsumsi biota laut yang berasal dari kawasan perairan yang tercemar. Biota laut yang dapat digunakan sebagai indikator pencemaran logam dalam perairan adalah kerang-kerangan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Kandungan Timbal  ( Pb )  pada Kerang Kepah  ( Polymesoda Erosa ) di TPI Tanjung Intan Cilacap.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, bertujuan untuk memberikan gambaran tentang Kandungan Timbal  ( Pb )  pada Kerang Kepah  ( Polymesoda Erosa ) di TPI Tanjung Intan Cilacap. Hasil kandungan Timbal  ( Pb )  pada Kerang Kepah  ( Polymesoda Erosa ) mentah di TPI Tanjung Intan, yaitu pada penjual 1 sebesar 0,15 ppm, penjual 2 sebesar 0,13 ppm, penjual 3 sebesar 0,26 ppm, penjual 4 sebesar 0,13 dan pada penjual 5 sebesar 0,28 ppm. Untuk kerang mentah pada penjual 5 dan kerang yang sudah dimasak mengalami penurunan dari 0,28 ppm menjadi 0,19 ppm  ( penurunan 44% ) . Kandungan Timbal  ( Pb )  pada sedimen sebesar 11,09 ppm dan untuk air laut sebesar 1,91 ppb. Kesimpulan, terdapat kandungan logam berat Timbal  ( Pb )  pada Kerang Kepah  ( Polymesoda Erosa ) di TPI Tanjung Intan Cilacap. Sebaiknya penjual Kerang Kepah atau nelayan mengambil Kerang Kepah  ( Polymesoda Erosa ) di perairan yang letaknya jauh dari wilayah industri dan sebaiknya masyarakat tidak terlalu sering mengkonsumsi Kerang Kepah  ( Polymesoda Erosa ) .

Daftar bacaan : 20  ( 1990-2014 )
Kata kunci      : Timbal dan Kerang Kepah
Klasifikasi      : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar