Jumat, 06 November 2015

DESKRIPSI INTENSITAS SUARA PADA UNIT RAW MILL PT. HOLCIM INDONESIA Tbk

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik kesehatan kemenkes semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah,  Juni 2014

Abstrak
Tri Widya Ningrum (widya.ningrum75@yahoo.com)
DESKRIPSI FORMALIN PADA APEL DAN ANGGUR IMPORT DI KIOS BUAH DI
EX KOTATIF PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014 

XVI + 69 halaman : 2 gambar+ 12 tabel, + 5 lampiran.

Pangan adalah segala sesuatu yang bersumber dari hayati, hewani dan baik yang diolah maupun yang tidak diolah, yang diperuntukan sebagai makanan atau minuman sebagai konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, atau pembuatan minuman. Formalin merupakan bahan kimia yang efisien, tetapi dilarang ditambahkan pada makanan,formalin umumnya di gunakan industri tekstil untuk mencegah bahan menjadi kusut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  kualitas buah (organoleptik) kulit buah, warna, dan aroma buah secara umum dan mengetahui ada tidaknya kandungan formalin pada apel dan anggur Import yang di jual di kios buah di Ex Kotatif Purwokerto.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi yang bersifat Deskripsi yakni untuk mendeskripsikan kualitas buah (organoleptik)apel dan anggur import secara umum dan mengetahui kandungan formalin pada apel dan anggur impor yang di jual di ex kotatif Purwokerto Tahun 2014
Hasil pemeriksaan laboratorium pada  sampel apel dan anggur import yaitu buah yang mengandung formalin (positif) sebanyak 11 sampel yaitu : Anggur Amerika kode A sebesar 0,218 ppm, Apel Red Delicious kode B sebesar1,406 ppm , Anggur Amerika, Apel Red Delicious kode C sebesar 2, 463 ppm, Anggur Australia sebesar 0, 167ppm, Apel Fuji sebesar 2,063 ppm, Apel Red Delicious sebesar  2,049 ppm ( kode D), Apel Fuji sebesar 4,738 ppm, Anggur Australia sebesar 0,204 ppm, Apel Red Delicious sebesar 5,011 ppm, Apel Grany Smith sebesar 5,053 ppm ( Kode E). Dan  buah import  lainnya ( apel dan anggur ) dinyatakan tidak terdeteksi adanya kandungan  formalin.
Kondisi umum buah apel import jenis Fuji, RD,dan GS dan buah anggur import jenis Australia dan Amerika dari 5 sampel, ini semua dalam kondisi yang baik. Sehubungan dengan ini, maka perlu adanya pengawasan dari Dinas Kesehatan tentang keamanan mutu, dan gizi pangan yang masuk ke wilayah Purwokerto sebagaimana dalam BAB IV Peraturan Pemerintah No.28 Tahun 2004.

Daftar Bacaan :  21 ( 1988  2013 )
Kata Kunci      :  Formalin, Apel dan Anggur Import,  Kios Buah
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar