Selasa, 07 Januari 2014

PEMANFAATAN EKSTRAK DAUN TOMAT (Solanum lycopersicum) SEBAGAI INSEKTISIDA ALAMI UNTUK MEMATIKAN LARVA NYAMUK

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
                                                                                                                 Karya Tulis Ilmiah,  Juni 2012

Abstrak
Widya Candra Pertiwi (Widyatjefuk@ymail.com)
PEMANFAATAN EKSTRAK DAUN TOMAT (Solanum lycopersicum) SEBAGAI INSEKTISIDA ALAMI UNTUK MEMATIKAN LARVA NYAMUK  A. aegypti
XVI + 49 halaman : gambar,tabel,lampiran 

Pemberantasan penyakit demam berdarah dapat dilakukan dengan memberantas vektornya baik pada stadium dewasa maupun pada stadium jentik. Pada stadium jentik dapat menggunakan larvasida alamiah, salah satu tumbuhan yang dapat digunakan adalah daun tomat (Solanum lycopersicum) yang termasuk dalam famili Solanaceae.
Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui efektivitas ekstrak daun tomat (Solanum lycopersicum) sebagai insektisida alami untuk mematikan larva nyamuk A. aegypti, menghitung kematian larva nyamuk A. aegypti pada penggunaan ekstrak daun tomat, menganalisis perbedaan kematian larva nyamuk A. aegypti pada penggunaan ekstrak daun tomat, mengetahui konsentrasi yang paling efektif dari ekstrak daun tomat (Solanum lycopersicum) konsentrasi 0 gr/liter, 8 gr/liter, 16 gr/liter, 32 gr/liter dalam mematikan larva nyamuk A. aegypti.
Metode penelitian ini adalah Quasy experiment dengan uji One Way Anova.Konsentrasi ekstrak daun tomat yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 gram/liter, 16 gram/liter, dan 32 gram /liter. Larva nyamuk yang digunakan adalah larva nyamuk A. aegypti instar III. Penelitian ini menggunakan enamel dengan volume 300 ml, volume air masing-masing enamel adalah        250 ml. Larva nyamuk yang digunakan sebanyak 300 ekor dengan masingmasing enamel berisi 25 ekor larva A. aegypti instar III, replikasi penelitian ini dilakukan 3 kali pengulangan.
Hasil penelitian menunjukkan ekstrak daun tomat mampu mematikan larva nyamuk A. aegypti, ekstrak daun tomat pada konsentrasi 8 gram/liter dapat
mematikan 53%, konsentrasi 16 gram/liter dapat mematikan 62%, dan konsentrasi 32 gram/liter dapat mematikan 100% larva nyamuk A. aegypti.
Berdasarkan hasil uji Anova menunjukkan adanya perbedaan kematian larva nyamuk A. aegypti akibat penggunaan berbagai konsentrasi ekstrak daun tomat (Solanum lycopersicum), yaitu semakin tinggi dosis ekstrak daun tomat yang diberikan maka semakin tinggi kematian larva nyamuk A. aegypti. Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk pemanfaatan ekstrak daun tomat terhadap larva nyamuk A. aegypti di lapangan agar dapat digunakan dalam kegiatan pemberantasan penyakit Demam Berdarah khususnya untuk larvasida.

Daftar bacaan  :  24 (1985-2012)
Kata Kunci      :  kematian larva A. aegypti,ekstrak, tomat
Klasifikasi        :

  

1 komentar:

  1. Cara membuatnya gimana gan, lalu bgaimana bila untuk kamar mandi, gmana dampaknya terhadap tubuh bila airnya digunakan untuk mandi

    BalasHapus