Rabu, 08 Januari 2014

HUBUNGAN KURSI KERJA DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH (NPB) KARYAWAN KANTOR

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA 
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG
JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN PURWOKERTO 
PROGRAM STUDI DIPLOMA III KESEHATAN LINGKUNGAN
KARYA TULIS ILMIAH, 2011 

ABSTRAK
Mirna Antika Dwi Putri (mirna.antika@ymail.com)
HUBUNGAN KURSI KERJA DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH (NPB) KARYAWAN KANTOR UTAMA PT HOLCIM INDONESIA Tbk CILACAP TAHUN 2011 
xviii + 91 halaman: gambar, tabel, lampiran

Sikap duduk yang keliru merupakan penyebab adanya masalah-masalah punggung. Operator dengan sikap duduk yang salah akan menderita pada bagian punggungnya.  Tekanan pada bagian tulang belakang akan meningkat  pada saat duduk, dibandingkan pada saat berdiri atau berbaring. 
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kursi kerja dengan keluhan nyeri punggung bawah pada karyawan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan cross sectional,  untuk  mengetahui  hubungan  antara  variabel  bebas  dan   variabel terikat.Variabel  bebas dalam penelitian ini yaitu kursi kerja dan variabel  terikat keluhan  nyeri  punggung  bawah  pada  karyawan  kantor  utama  PT  Holcim Indonesia Tbk Cilacap.
Hasil  penelitian di kantor utama PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap  diperoleh  hasil  uji  statistik  korelasi  regresi  antara  kursi  kerja  dengan keluhan nyeri  punggung bawah (NPB)  diperoleh nilai  signifikan 0,113 dengan demikian nilai p < α = 0,05 sehingga secara statistik tidak ada hubungan antara kursi kerja dengan keluhan nyeri punggung bawah (NPB).
Kesimpulan  ukuran kursi kerja yang digunakan karyawan  sudah  ergonomis  dan  beberapa  karyawan  yang  merasakan  keluhan nyeri  punggung  bawah.  Disarankan  untuk  karyawan  kantor  utama  yang merasakan  nyeri  pada  bagian  punggung  segera  berkonsultasi  kepada  dokter perusahaan,  dan  untuk  pihak  perusahaan  agar  melakukan  pengukuran antropometri  terlebih dahulu kepada calon karyawan sebelum merancang kursi kerja.

Daftar bacaan : 24 (1999 – 2011)
Kata kunci      : Nyeri Punggung Bawah dan kursi kerja
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar