Selasa, 07 Januari 2014

HUBUNGAN KONDISI FISIK RUMAH DENGAN KEJADIAN PENYAKIT TUBERKULOSIS



Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma IV Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Skripsi,   Juli 2011


Abstrak

Baskoro Iwan Santoso (ibaz_silva@ymail.com)
HUBUNGAN KONDISI FISIK RUMAH DENGAN KEJADIAN PENYAKIT TUBERKULOSIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS I SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2010
xiv + 67 halaman : tabel, gambar, lampiran

Salah satu faktor yang berhubungan dengan kejadian penyakit TB Paru adalah kondisi rumah yang tidak memenuhi syarat kesehatan. Puskesmas I Sokaraja merupakan puskesmas terbanyak jumlah penderita TB Paru yaitu berjumlah 37 orang (2010). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besarnya nilai risiko antara kondisi rumah dengan kejadian TB Paru.
Tujuan penelitian ini bersifat observasional dengan menggunakan casse control. Sampel sebanyak 74 orang terdiri dari 37 orang kelompok kasus kemudian diambil kelompok kontrol 37 orang dengan jenis kelamin dan umur yang berbeda dan tidak menderita TB Paru BTA (+). Variabel yang diteliti meliputi pencahayaan alami, ventilasi, kepadatan penghuni, dan jenis lantai. Analisa univariat dan bivariat menggunakan SPSS dengan CI = 95% dan α = 0,05. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel merupakan faktor risiko dari analisis statistik, diketahui pencahayaan alami (p = 0,162 dan OR = 1,932), ventilasi (p = 0,816 dan OR = 1,114), kepadatan penghuni (p = 0,636 dan OR = 1,251), jenis lantai (p = 0,116 dan OR = 1,251), dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara kondisi fisik rumah dengan kejadian penyakit TB Paru, tetapi kondisi rumah tersebut merupakan faktor risiko terjadinya penyakit TB Paru. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan untuk menekan tingkat penderita TB Paru, perlu adanya kondisi rumah yang memenuhi syarat kesehatan, menjaga sirkulasi udara, selalu memperhatikan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah dan selalu memperhatikan kesehatan lingkungan rumah.  

Daftar bacaan
:
19 (1978-2011)
Kata Kunci
:
TB Paru, Kondisi fisik rumah,
Klasifikasi
:
-



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar