Kamis, 09 Januari 2014

EFEKTIFITAS LARUTAN GULA JAWA, LARUTAN GULA PASIR, DAN LARUTAN GULA BATU GUNA MENANGKAP NYAMUK Aedes aegypti MENGUNAKAN OVITRAP.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma IV Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Skripsi, Juli 2011 

Abstrak  
Okto Sudaryo
EFEKTIFITAS LARUTAN GULA JAWA, LARUTAN GULA PASIR, DAN LARUTAN GULA BATU GUNA MENANGKAP NYAMUK Aedes aegypti MENGUNAKAN OVITRAP. 
Xv + 56 halaman : tabel, gambar, lampiran   

Data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, salah satu wilayah kerja Puskesmas Purwokerto Selatan yaitu Kelurahan Karangpucung adalah termasuk kelurahan yang endemis Demam Berdarah dan untuk ikut mengurangi populasi nyamuk Aedes aegypti. Tujuan penelitian menangkap nyamuk Aedes aegypti menggunakan ovitrap yang diisi dengan berbagai larutan, yaitu larutan gula jawa, larutan gula pasir, dan larutan gula batu di salah satu rumah diwilayah kelurahan karangpucung tepatnya dirumah Ibu Rasiwen dengan alamat Jl, Gerilya No. 744 RT 01 RW XI.  Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah termasuk penelitian penjelasan dengan metode eksperimen quasi kerena dilaksanakan pada komunitas dan bertujuan untuk menghasilan tindakan pencegahan, yaitu memberi perlakuan pada sampel kemudian diamati dan membandingkan jumlah nyamuk Aedes aegyti tertangkap dimasing-masing ovitrap. Ovitrap pertama diisi dengan larutan gula jawa, ovitrap kedua diisi larutan gula pasir, dan ovitrap ketiga diisi larutan gula batu serta ovitrap keempat diisi air sebagai kontrol.   Penelitia dilakukan sembilan kali, dihitung tiga hari sekali dengan hasil penghitungan jumlah nyamuk yang masuk kedalam ovitrap adalah sebagai berikut jumlah nyamuk yang masuk kedalam oitrap yang diisi larutan gula jawa sebanyak 34 ekor (42,6%), yang masuk ovitrap dengan larutan gula pasir 21 ekor (26,9%), dan yang masuk ovitrap dengan larutan gula batu 21 ekor (26,9%), yamg masuk ovitrap diisi air 2 ekor (2,5%).  Dari hasil uji statitik menggunakan Anova one way Test hasilnya adalah ada perbedaan yang signifikan antara ovitrap yang diisi larutan gula jawa dibanding dengan larutan gula pasir an larutan gula batu (0,00) lebih kecil dari nilai p≤0,05. 

Daftar bacaan : 14(1985-2011)
Kata kunci  : Ovitrap
Klasifikasi  : -     

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar