Selasa, 07 Januari 2014

STUDI SANITASI RUMAH TIPE 36 PADA PERUMAHAN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang  
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah,  Juni 2012 
Abstrak
Amalia Imazka Asmoro Putry (amaliagionino@gmail.com) 
STUDI SANITASI RUMAH TIPE 36 PADA PERUMAHAN GRIYA SATRIA BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012.
xvii + 59 halaman : Lampiran, tabel, gambar 

Rumah adalah struktur fisik atau bangunan untuk tempat berlindung yang berguna untuk kesehatan jasmani dan rohani serta keadaan sosial yang baik demi kesehatan keluarga dan individu, oleh sebab itu diperlukan sanitasi yang baik untuk menghindari terjadinya penularan penyakit dan menurunnya kualitas lingkungan.
Tujuan penelitian adalah untuk  mengetahui  sanitasi rumah tipe 36 pada Perumahan Griya Satria Bantarsoka Purwokerto. 
Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah metode  deskriptif  dengan  cara observasi, pengukuran, wawancara serta studi kepustakaan untuk memperoleh  gambaran  umum  tentang  kondisi sanitasi rumah tipe 36 pada Perumahan Griya Satria Bantarsoka Purwokerto, subyek penelitian  ini adalah rumah tipe 36 di Perumahan Griya Satria Bantarsoka Purwokerto Kabupaten Banyumas dengan sampel sebanyak 30 rumah.
Hasil penelitian, secara umum kondisi sanitasi rumah tipe 36 di Perumahan Griya Satria Bantarsoka Purwokerto termasuk dalam kategori memenuhi syarat dengan nilai rata-rata 83,66% dengan rincian pencahayaan alami sebanyak 63% memenuhi syarat, suhu ruangan sebanyak 93% memenuhi syarat, kelembaban ruangan sebanyak 100% memenuhi syarat, ventilasi sebanyak 100% tidak memenuhi syarat, penataan ruang sebanyak 53% memenuhi syarat, kepadatan hunian sebanyak 57% memenuhi syarat, penyediaan air bersih, sarana pembuangan kotoran manusia dan pembuangan limbah sebanyak 100% memenuhi syarat, pembuangan sampah sebanyak 30% memenuhi syarat, kondisi lantai, dinding dan langit-langit sebanyak 100% memenuhi syarat.
Kesimpulan penelitian adalah secara umum kondisi sanitasi rumah tipe 36 di Perumahan Griya Satria Bantarsoka Purwokerto telah memenuhi syarat, namun ada beberapa aspek yang belum sesuai dengan standar kesehatan yaitu ventilasi sebanyak 100% belum memenuhi syarat serta kurangnya lahan untuk ruang terbuka. Disarankan sebaiknya pemerintah secara rutin melakukan inspeksi rumah sehat dan memberikan penyuluhan pada penghuni rumah. 

Daftar Bacaan : 25 ( 1981-2012 )
Kata Kunci     : Sanitasi, perumahan
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar