Selasa, 07 Januari 2014

Studi Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja



  Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
    Politeknik Kesehatan Kepenkes Semarang
  Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
   Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2011

ABSTRAK
Rezky Aditya Perdana
Studi Tentang  Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di PT Pertamina Persero Refinery Unit VI  Balongan Tahun 2011TAHUN 2011
XIII + 62 : Gambar, Lampiran, Tabel, Grafik

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan instrumen yang memproteksi pekerja, perusahaan, lingkungan hidup, dan masyarakat sekitar dari bahaya akibat kecelakaan kerja. Perlindungan tersebut merupakan hak asasi yang wajib dipenuhi oleh perusahaan. K3 bertujuan mencegah, mengurangi, bahkan menghilangkan risiko kecelakaan kerja (zero accident). Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui lebih jauh penerapan Keselamatabn dan kesehatan kerja di PT Pertamina Persero Refinery Unit VI  Balongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan hanya untuk menggambarkan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada pekerja di PT. Pertamina (Persero). Cara pengumpulan datanya yaitu wawancara dengan menggunakan kuesioner dan checklist.
Hasil penelitian adalah tugas utama dari bidang safety ialah mencegah dan meminimalisasi kecelakaan kerja yang mungkin terjadi. Kesehatan dan keselamatan pekerja sangat diutamakan di PT.Pertamina (Persero) RU VI Balongan. Kecelakaan kerja masih mungkin terjadi karena pekerja kurang pengetahuan dasar, kurang keterampilan, atau bahkan ada yang sengaja untuk tidak melaksanakan instruksi yang dianggap tidak penting. Penyakit akibat kerja dapat timbul dari bahaya fisik, kimia dan biologi. Alat pelindung diri sudah lengkap, tetapi masih ada alat pelindung diri yang rusak sehingga dapat membahayakan pekerja bila dipakai.
Kesimpulkan bahwa penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di PT. Pertamina (Persero) termasuk dalam kategori cukup baik. Penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja dapat dicegah dengan mengadakan penyelidikan kejadian monitoring, medical checkup, olah raga dan penanggulangan keadaan darurat. Disarankan kepada perusahaan untuk menyediakan alat pelindung diri dalam jumlah yang mencukupi untuk para tamu dan mengganti alat pelindung diri yang rusak dengan yang baru

Daftar bacaan  : 11 (1986-2005)
Kata Kunci      : Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Klasifikasi        : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar