Kamis, 09 Januari 2014

STUDI TENTANG INTENSITAS SUARA DI PABRIK PENGGERGAJIAN KAYU

Kementerian kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
                                                                                                                    Karya Tulis Ilmiah, Juli 2011

ABSTRAK
Laely Anisatul Musyarofah ( epha_cutebgtz@yahoo.com)
STUDI TENTANG INTENSITAS SUARA DI PABRIK PENGGERGAJIAN KAYU UD.VERI PUTRA DESA TAMANSARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2011
70 halaman: tabel, gambar, lampiran. 

Kesehatan Lingkungan merupakan salah satu upaya preventif (pencegahan) kecelakaan kerja, upaya peningkatan kesehatan dan keselamatan kerja. Salah satu kegiatannya adalah pencegahan atau pengendalian kebisingan yang ditimbulkan oleh peralatan-peralatan kerja di tempat kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kebisingan di ruang penggergajian kayu di Pabrik penggergajian kayu UD. Veri Putra Tahun 2011.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasi dengan metode analisa penelitian deskriptif yaitu menggambarkan tentang kondisi yang sesungguhnya sesuai data yang diperoleh dalam penelitian di penggergajian kayu yang ada di Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas. Analisis yang digunakan yaitu analisis tabel yaitu mencocokkan dan membandingkan data hasil pengukuran dengan standar peraturan yang berlaku dan teori yang ada. Salah satu peraturan yang ada yaitu Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 51 tahun 1999 tentang Batas Faktor Fisik di Tempat Kerja dan Tipe Kebisingan untuk Kategori Ruang Kerja.
Hasil pengukuran intensitas kebisingan yang diperoleh pada ruang kerja pabrik penggergajian kayu yaitu 82,35 dBA, berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor: KEP/51/MEN/1999, tentang Nilai Ambang Batas Faktor Fisik di Tempat Kerja adalah sebesar 85 dBA. Maka intensitas kebisingan di Pabrik penggergajian kayu UD. Veri Putra masih dibawah standar. Hasil pengukuran di rumah terdekat adalah 49,26 dBA (jarak 50 m) dan 46,19 dBA (jarak 100 m) [dibawah nilai ambang batas (NAB). kesimpulan Karyawan pada bagian produksi penggergajian kayu UD. Veri Putra di Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas tidak mengalami gangguan pendengaran, tetapi mengalami gangguan komunikasi pada saat bekerja. Upaya pengendalian yang dilakukan untuk mengurangi tingkat kebisingan adalah menanam pepohonan di sekitar pabrik dan mesin diservis setiap satu bulan sekali serta dilakukan pemeriksaan kesehatan setiap 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali.
   
Daftar bacaan : 18 (1986 s/d 2009) 
Kata kunci      : Intensitas Suara Penggergajian Kayu
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar