Rabu, 08 Januari 2014

STUDI DESKRIPTIF SANITASI DAN PERSONAL HYGIENE SANTRI DI PONDOK PESANTREN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2011 

Abstrak
Ani Kusniati 
STUDI DESKRIPTIF SANITASI DAN PERSONAL HYGIENE SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN DESA BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2011 
XVIII+59 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Pondok Pesantren adalah tempat untuk proses belajar mengajar tentang agama Islam dan termasuk tempat umum karena banyak orang berkumpul dan terjadi suatu kegiatan. Berdasarkan survey pendahuluan di pondok pesantren AlIkhsan diketahui permasalahan yang sering terjadi adalah cepat tertularnya penyakit yang berbasis lingkungan. Ini dikarenakan oleh kondisi sanitasi yang belum memenuhi syarat kesehatan dan personal hygiene santri yang kurang baik.
Tujuan penelitian meninjau keadaan sanitasi dan personal hygiene santri sehingga diketahui pondok pesantren Al-Ikhsan dan personal hygiene santri masuk dalam katagori baik atau tidak. 
Metode penelitian yang digunakan deskriptif, data diperoleh dari pengamatan dan wawancara, hasilnya diolah dan disajikan dalam bentuk narasi dan tabel, kemudian di analisis dengan membandingkannya dengan persyaratan yang ada.
Hasil inspeksi sanitasi pondok pesantren berdasarkan checklist pemeriksaan kesehatan lingkungan bahwa dari kondisi ruang dan bangunan sebesar 55,58% (cukup baik), penyediaan air bersih 83,33% (baik), pembuangan limbah 50% (kurang baik), pengelolaan sampah 20% (tidak baik), pengendalian vektor 33,33% (tidak baik), sanitasi makanan minuman 53,33% (kurang baik) dan personal hygiene santri yang belum baik sebanyak 15 santri (48,38%) dari 31 santri yang diteliti.
Simpulan bahwa komponen sanitasi pondok pesantren Al-Ikhsan yang sudah memenuhi syarat dari kondisi ruang dan bangunan, penyediaan air bersih sedangkan komponen yang belum memenuhi syarat yaitu pembuangan limbah, pengelolaan sampah, pengendalian vektor, makanan minuman dan personal hygiene santri. Saran agar pengurus memantau dan memperbaiki kondisi sanitasi yang belum baik dan menerapkan personal hygiene seperti mencuci tangan sebelum makan dll, agar santri-santri ikut melaksanakan personal hygiene dengan baik supaya dapat meningkatkan sanitasi yang ada di pondok pesantren.

Daftar bacaan : 19 (1985-2011)
Kata kunci     : sanitasi pondok pesantren
Klasifikasi      :
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar