Kamis, 09 Januari 2014

EFISIENSI BIOFILTRASI AEROBIK DALAM PENURUNAN KADAR COD AIR LIMBAH TAHU

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia  
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Skripsi, Agustus 2011 

Abstrak 
Wahid Hasyim
EFISIENSI BIOFILTRASI AEROBIK DALAM PENURUNAN KADAR COD AIR LIMBAH TAHU DI DESA SAMPANG, KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP TAHUN 2011
XI + 50 halaman: 2 gambar, 8 tabel, 11 lampiran

Industri tahu merupakan industri kecil bersekala rumah tangga yang meghasilkan tahu dan dalam proses pembuatannya menghasilkan limbah cair. Pengolahan limbah cair perlu dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya pencemaran. Biofiltrasi aerobik merupakan salah satu alternatif yang digunakan untuk menurunkan kadar COD air limbah tahu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi model pengolahan biofiltrasi aerobik dalam menurunkan kadar COD air limbah tahu di Desa Sampang, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap.
Metode penelitian ini menggunakan pra experimen, data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh air limbah tahu milik Bapak Kuat RT 10 RW 03, Desa Sampang, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap. Sebagai sampel adalah sebagian air limbah tahu milik Bapak Kuat. Jenis penelitian ini merupakan quasy eksperimen dengan pendekatan Pre-Post Tes Design dengan maksud untuk mengetahui efisiensi biofilter aerobik dalam menurunkan kadar COD.
Perlakuan terhadap sampel dilakukan pemeriksaan COD air limbah tahu sebelum dan setelah melewati pengolahan secara biofiltrasi aerobik dengan waktu penahanan berbeda, yaitu (HRT) 5 dan 8  jam dengan jumlah sampel 3 kali replikasi pada  sebelum dan setelah melewati biofilter. 
Kesimpulan penelitian menunjukan penurunan kadar COD air limbah tahu rata-rata pada HRT 5 jam sebesar  34, 53 % dan pada HRT 8 jam sebesar 43, 30 %. Saran bagi pengrajin tahu melakukan pengolahan air limbah tahu sebelum dibuang ke badan air dengan cara pengendapan dan kepada peneliti lain perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk pengolahan limbah tahu secara aerobik.

Daftar bacaan  : 18 (1995-2009)
Kata kunci : Limbah tahu, biofilter, COD
Klasifikasi  :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar